Budi Daya Lobster, Mahasiswa Sukabumi Kebanjiran Order dari Luar Negeri

Budi Setiawan · Rabu, 02 November 2022 - 09:09:00 WIB
Budi Daya Lobster, Mahasiswa Sukabumi Kebanjiran Order dari Luar Negeri
Mahasiswa yang juga warga Jayamekar, Kecamatan Baros, Kota Sukabumi, sukses budi daya lobster air tawar hingga meraup keuntungan jutaan rupiah. (Foto: iNews.id/Budi Setiawan)

SUKABUMI, iNews.id - Seorang mahasiswa di Sukabumi sukses membudidayakan lobster air tawar hanya dengan memanfaatkan lahan sempit di belakang rumahnya. Dari usahanya itu dia mampu meraup keuntungan hingga jutaan rupiah.

Bahkan permintaan lobster hasi budi dayanya itu tidak hanya datang dari dalam negeri, melainkan juga luar negeri.

Muhammad Nur Rifa'i, mahasiswa yang juga warga Jayamekar, Kecamatan Baros, Kota Sukabumi, ini menyulap lahan di belakang rumahnya menjadi lebih produktif. Berbekal ilmu yang didapatnya sebagai mahasiswa Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Nur Rifa'i berhasil membudidayakan lobster air tawar di empat kolam seluas 200 meter persegi.

Setiap kolam pun dibagi menjadi beberapa fungsi, ada untuk pengembangbiakan, karantina dan pemilahan benih. Dengan telaten pemuda berusia 23 tahun ini mengembangkan lobster air tawar jenis red claw sejak tahun 2019 lalu.

Sebelum membudidayakan lobster air tawar untuk konsumsi, Nur Rifa'i terlebih dahulu mengembangkan lobster hias. Namun budi daya lobster air tawar tergolong mudah, dia pun berinovasi untuk mengembangkan usahanya itu pada lobster konsumsi.

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: