Gugat Cerai Dedi Mulyadi, Bupati Purwakarta Singgung Alasan Ini 

Didin Jalaludin · Rabu, 02 November 2022 - 07:28:00 WIB
Gugat Cerai Dedi Mulyadi, Bupati Purwakarta Singgung Alasan Ini 
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika. (FOTO: iNews/IRWAN)

PURWAKARTA, iNews.id - Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustka singgung nafkah batin yang menjadi salah satu alasan menggugat suaminya, Dedi Mulyadi. Alasan nafkah batin ini baginya bukan hanya sekadar urusan kasur saja, melainkan lebih dari pada itu.

"Salah satu poin dari pada materi gugatan saya itu memang ada beberapa poin turunan. Pertama bahwa suami saya sudah tidak melaksanakan hak dan kewajibannya, yaitu menafkahi lahir dan batin," ujar bupati perempuan yang ingin dipanggil Neng Anne sebagai panggilan akrabnya saat ditemui di rumah dinasnya, Selasa (1/11/2022).

Dia melanjutkan, dalam hubungan suami istri nafkah lahir dan batin sifatnya wajib. Meskipun demikian dalam aspek nafkah lahir saat ini dirinya yang menjabat sebagai bupati sudah berkecukupan. Tetapi hal itu tentunya tidak mengugurkan kewajiban suami dalam memberikan nafkah yang sifatnya terlihat dan dapat dihitung secara nominal, di antaranya uang atau pangan (makan dan minum), sandang (pakaian) dan papan (tempat tinggal).

"Lalu nafkah batin, bukan hanya perkara kasur saja, tapi juga batin sebagai seorang perempuan dan istri," ujar Neng Anne.

Dia menyayangkan ketika ada beberapa pihak yang menjadikan lelucon kaitan dengan nafkah batin, yang hanya dikaitkan dengan urusan ranjang saja. Padahal nafkah batin yang menjadi hak seorang istri itu adalah lebih daripada itu.

"Saya memandang (nafkah batin) ada yang lebih daripada sebatas urusan kasur, yaitu rasa nyaman, rasa aman, rasa dihormati, rasa dihargai, rasa disayangi, rasa diperhatikan dan rasa dilindungi. Itu lebih penting bagi saya daripada hanya sebatas urusan kasur," tuturnya.

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: