Posting Foto Makam Marhaen yang Baru Direnovasi, Ridwan Kamil: Hargai Sejarah

Asep Supiandi · Selasa, 31 Agustus 2021 - 15:01:00 WIB
Posting Foto Makam Marhaen yang Baru Direnovasi, Ridwan Kamil: Hargai Sejarah
Kondisi makam Marhaen di Bandung tampak bersih dan rapi. Sosok petani yang namanya diabadikan oleh Bung Karno. (Foto: Istimewa) 

BANDUNG, iNews.id - Inilah makam Marhaen, seorang petani yang ditemui Presiden Soekarno (Bung Karno) di pinggiran sawah sekitar tahun 1920-an. Nama sosok yang dimakamkan di tempat itu kemudian dipakai Bung Karno untuk menamai seluruh rakyat Indonesia yang bernasib malang.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tiba-tiba memosting foto makam Marhaen di akun Instagramnya. Kondisi makam terlihat rapi dan bersih. Selain tampak monumen di atas makam yang menyebutkan Marhaen wafat pada tahun 1943. 

Dalam beberapa slide foto, Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil memosting saat Bung Karno berbincang dengan Ki Marhaen. Selain memberi narasi pada foto yang dipostingnya.

“Dia menyebut namanya Marhaen…Aku akan memakai nama itu untuk menamai seluruh rakyat Indonesia yang bernasib malang seperti dia. Semenjak saat itu, kunamakan rakyatku Marhaen,” demikian kutipan Bung Karno yang ditulis Kang Emil.

Selain itu, Kang Emil juga menyebutkan, makam tersebut sudah direnovasi dengan hasil sebagaimana kondisi yang dipostingnya.

"Alhamdulillah, situs sejarah makam Ki Marhaen sudah kami renovasi akhir Juli lalu. Lokasinya di Batununggal Kota Bandung," ujar dia.

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: