Perusahaan Washing Jeans di Rancaekek Bandung Ditindak gegara Buang Limbah B3

Agus Warsudi ยท Jumat, 05 Agustus 2022 - 16:13:00 WIB
Perusahaan Washing Jeans di Rancaekek Bandung Ditindak gegara Buang Limbah B3
Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo saat konferensi pers pengungkapan kasus limbah B3. (FOTO: Humas Polresta Bandung)

"Faktanya dengan IPAL yang dimiliki dan instalasi pengurai limbah yang dimiliki, perusahaan ini hanya sedikit yang diurai melalui IPAL dan sebagian besar diurai menggunakan matahari. Kemudian setelah kering di buang di pekarangan milik perusahaan," kata Kapolresta Bandung, Jumat (5/8/2022). 

Kombes Pol Kusworo Wibowo menyatakan, perusahaan yang berdiri 2009 ini mulai membuang limbah secara ilegal sejak 2020. Limbah yang menumpuk sudah mencapai 1,8 meter. Petugas telah mengambil sampel.

"Limbah ini menghasilkan timbal yang mengandung karsinogen. Dalam jangka panjang jika terus terakumulasi bisa mengakibatkan kanker dan juga mengakibatkan gangguan pertumbuhan janin bagi ibu yang hamil," ujarnya. 

Praktik membuang limbah B3 secara ilegal itu, tutur Kapolresta Bandung, dilakukan perusahaan washing jeans untuk menghemat biaya mencapai Rp2 miliar per tahun dalam mengolah limbah. Namun dengan penimbunan limbah B3 tersebut, merusak air tanah. Masyarakat yang mengkonsumsi air disekitar limbang bisa ikut terkena dampaknya. 

Petugas mendalami kecurangan tersangka untuk menghemat biaya sejak 2020. Ketika itu, limbah sudah dikeringkan dengan menggunakan filter press itu seharusnya diangkut ke pihak ketiga. Biaya filter press tidak digunakan. 

Editor : Agus Warsudi

Bagikan Artikel: