Pemkot Cimahi Jatuhkan Sanksi Denda Rp50 Juta kepada Pemilik Tower Ilegal

Adi Haryanto ยท Senin, 16 November 2020 - 19:45:00 WIB
Pemkot Cimahi Jatuhkan Sanksi Denda Rp50 Juta kepada Pemilik Tower Ilegal
Sidang tipiring kepada pemilik menara telekomunikasi ilegal, pemilik asrama tak berizin, dan PKL yang terjaring razia di Aula Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi, Senin (16/11/2020). (Foto/Adi Haryanto)

CIMAHI, iNews.id - Pemilik menara atau tower telekomunikasi ilegal menjalani sidang tindak pidana ringan (tipiring) digelar di Aula Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi, Jawa Barat, Senin (16/11/2020). Pemkot Cimahi menjatuhkan sanksi denda Rp50 juta dan mewajibkan pemilik membongkar tower ilegal tersebut.

Sanksi dijatuhkan lantara mereka melanggar Peraturan Daerah (Perda) Kota Cimahi. Menara telekomunikasi ilegal tersebut berdiri di Kelurahan Cipageran dan Kelurahan Padasuka.

Selain pemilik tower ilegal, Pemkot Cimahi juga menjatuhkan sanksi kepada pemilik asrama berbayar dan enam pedagang kaki lima (PKL) yang terjaring razia Satpol PP Kota Cimahi.

"Hari ini ada tiga objek perkara sidang tipiring. Masing-masing pelanggar diwajibkan membayar denda materi," kata Kasi Penyidikan dan Penyelidikan Satpol PP dan Damkar Kota Cimahi Muhammad Faisal.

Faisal mengatakan, dua pemilik tower telekomunikasi ilegal sebelumnya sudah diperingatkan. Namun peringatan itu tak diindahkan. Saat sidang, hakim dari Pengadilan Negeri Bale Bandung memutuskan kedua pemilik bersalah dan harus membayar denda karena melanggar sejumlah Perda.

Seperti Perda Nomor 5 Tahun 2010 tentang Penataan Menara Telekomunikasi. Kemudian Perda Nomor 16 Tahun 2020 tentang Retribusi Izin Mendirikan Bangunan, Hingga Perda Nomor 16 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Perizinan Pemanfaatan Ruang.

"Tower di Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara harus bayar denda Rp20 juta. Sementara yang di Padasuka dendanya Rp50 juta. Pemilik tower yang di Padasuka hingga kini masih membandel karena tidak mau membongkar bangunannya," ujar dia.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2