Organda KBB: Harga BBM Naik, Pengusaha Angkot Semakin Terpuruk dan Terancam Bangkrut

Adi Haryanto ยท Senin, 05 September 2022 - 06:47:00 WIB
Organda KBB: Harga BBM Naik, Pengusaha Angkot Semakin Terpuruk dan Terancam Bangkrut
Kenaikan harga BBM bersubsidi membuat para pengusaha angkot semakin terpuruk. (FOTO: Ilustrasi)

"Pasti tarif angkutan juga akan naik dan yang jadi korban kan tetap masyarakat. Di satu sisi kami tidak mau menaikan tarif karena khawatir diprotes penumpang, tapi di sisi lain kami juga harus tetap bertahan di tengah pengeluaran BBM yang naik," ujarnya. 

Organda KBB, tutur Asep Dedi Setiawan, segera menggelar pertemuan dengan pemerintah dan sejumlah elemen terkait guna menentukan tarif baru dan landasan hukumnya. Termasuk melakukan sosialisasi ke masyarakat. Organda juga berharap pemerintah menyalurkan bantuan khsus bagi pelaku usaha transportasi.

"Mestinya pemerintah tidak hanya memberikan subsidi BBM ke program bantuan sosial saja. Tapi juga mengalokasikan bantuan khusus bagai pelaku transportasi agar tidak bangkrut bertahan," tutur Asep Dedi Setiawan.

Diketahui pemerintah telah menaikkan harga BBM bersubsidi pertalite dari Rp7.650 menjadi Rp10.000 per liter. Kemudian solar dari Rp5.150 menjadi Rp6.800 per liter. Selain itu, harga BBM non-subsidi jenis Pertamax juga naik dari Rp12.500 menjadi Rp14.500 per liter.

Editor : Agus Warsudi

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: