OPD Kota Bandung Diminta Maksimalkan Data Kependudukan Terintegrasi dan Pangkas Birokrasi

Arif Budianto · Senin, 20 Juni 2022 - 18:25:00 WIB
OPD Kota Bandung Diminta Maksimalkan Data Kependudukan Terintegrasi dan Pangkas Birokrasi
Wali Kota Bandung Yana Mulyana meminta OPD memaksimalkan pemanfaatan data kependudukan terintegrasi guna memangkas birokrasi. (FOTO: Humas Pemkot Bandung)

"Data itu sangat personal. Maka dari itu, masing-masing dinas harus punya operator pengelola data. Para operator ini kita bina dan berkoordinasi terus menerus dalam memanfaatkan data juga evaluasi," tutur Tatang.

Dalam kesempatan ini hadir pula Direktur Fasilitasi Pemanfaatan Data dan Dokumen Kependudukan Ditjen Dukcapil Kemendagri Akhmad Sudirman Tavipiyono. 

Akhmad Sudirman Tavipiyono mengatakan, Kota Bandung selalu menjadi contoh terdepan bagi daerah-daerah lain di Indonesia. "Bandung kota pertama yang sudah terintegrasi 100 persen. Salah satu tujuan dari peraturan ini agar ke depan bisa paperless (tidak menggunakan kertas) dalam surat menyurat)," kata Akhmad Sudirman Tavipiyono.

"Masyarakat juga bisa rasakan manfaatnya langsung. Misal, bagi yang baru menikah, di samping mendapatkan buku nikah, mereka juga mendapatkan Kartu Keluarga dan KTP baru yang sudah terupdate," ujarnya.

Editor : Agus Warsudi

Bagikan Artikel: