OPD Kota Bandung Diminta Maksimalkan Data Kependudukan Terintegrasi dan Pangkas Birokrasi

Arif Budianto · Senin, 20 Juni 2022 - 18:25:00 WIB
OPD Kota Bandung Diminta Maksimalkan Data Kependudukan Terintegrasi dan Pangkas Birokrasi
Wali Kota Bandung Yana Mulyana meminta OPD memaksimalkan pemanfaatan data kependudukan terintegrasi guna memangkas birokrasi. (FOTO: Humas Pemkot Bandung)

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Kota Bandung, Tatang Muhtar mengatakan, kegunaan yang bisa masyarakat rasakan dari kerja sama ini adalah birokrasi yang semakin mudah dan pendek. Sebab, seluruh OPD sudah bisa mengakses data kependudukan secara langsung.

"Data yang ada sudah jelas dan sangat rinci. Bisa sesuai dengan kebutuhannya. Masyarakat tidak perlu ke Disdukcapil dulu untuk mengurus kebutuhannya. Birokrasi yang panjang sudah terpangkas melalui kerja sama ini," kata Tatang.

Untuk mencegah kebocoran data, ujar Tatang, beberapa langkah yang telah diambil Disdukcapil. Salah satunya melakukan evaluasi rutin bersama lembaga pengguna.

"Evaluasi rutin yang dilakukan sudah bisa real time terlihat perkembangannya dari dashboard. Kalau secara formal, sebulan sekali kita melakukan kunjungan untuk melihat sejauh mana data ini digunakan para lembaga," ujarnya.

Tak hanya itu, para lembaga pengguna juga wajib melaporkan data yang sudah mereka gunakan. Meski OPD sudah diberi hak akses, bukan berarti boleh menggunakan data itu di luar kewenangannya.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: