Ombudsman Beri Predikat Kepatuhan Tinggi Pelayanan Publik untuk Pemkot Bandung

Arif Budianto ยท Rabu, 29 Desember 2021 - 18:52:00 WIB
Ombudsman Beri Predikat Kepatuhan Tinggi Pelayanan Publik untuk Pemkot Bandung
Kantor Wali Kota Bandung di kompleks balaikota, Jalan Wastukancana. Selama 8 hari, Balaikota Bandung lockdown akibat banyak pegawai yang terpapar Covid-19. (Foto: iNews/BIlly Maulana Finkran)

BANDUNG, iNews.id -Ombudsman Republik Indonesia memberi penghargaan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung sebagia predikat kepatuhan tinggi (zona hijau) standar pelayanan publik tahun 2021. Penilaian itu berdasarkan hasil survei predikat kepatuhan pelayanan publik terhadap 98 pemerintah kota.

Dalam survei itu, Kota Bandung berhasil meraih nilai 81,04. "Ini menunjukkan pelayanan yang Pemkot Bandung berikan sudah baik. Mudah-mudahan kita sudah dijalur yang benar melakukan berbagai ikhtiar upaya kita dalam melayani masyarakat jauh lebih baik," kata pelaksana tugas (plt) Wali Kota Bandung Yana Mulyana, Rabu (29/12/2021).

Sementara itu, Ketua Ombudsman RI Mokhamad Najih mengatakan, pada 2021, Ombudsman melakukan penilaian 587 instansi dengan rincian 24 kementerian, 15 lembaga, 34 pemerintah provinsi dan 316 pemerintah kab dan 98 pemerintah kota.

Nilai kepatuhan dikategorikan ke dalam tiga zonasi, yaitu zonasi hijau dengan predikat kepatuhan tinggi, zonasi kuning kepatuhan sedang, dan zonasi merah kepatuhan rendah. "Produk layanan yang dinilai pada pemerintah daerah meliputi 4 substansi yaitu perizinan, kesehatan, administrasi kependudukan dan pendidikan," kata Ketua Ombudsman RI.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: