“Ngopi” di Lembang, Wakil Ketua Komisi VIII DPR: Pendidikan Islam Hadapi Banyak Tantangan

Agus Warsudi · Minggu, 25 September 2022 - 19:23:00 WIB
“Ngopi” di Lembang, Wakil Ketua Komisi VIII DPR: Pendidikan Islam Hadapi Banyak Tantangan
Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Tubagus Ace Hasan Syadzily membeberkan sejumlah tantangan yang dihadapi dunia Pendidikan Islam dalam acara Ngopi di Lembang, KBB. (FOTO: ISTIMEWA)

LEMBANG, iNews.id - Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Tubagus Ace Hasan Syadzily menyebut dunia pendidikan Islam masih banyak menghadapi tantangan, mulai dari aspek pemerataan hingga bonus demografi. Pernyataan itu disampaikan Tubagus Ace Hasan Syadzily di acara Ngobrol Pendidikan Islam (Ngopi) bersama stakeholder, Minggu (25/9/2022) di Lembang, Kabupaten Bandung Bandung Barat (KBB).

“Pertama, meningkatnya gejala intoleransi. Yang kedua, mutu pendidikan keagamaan tertinggal. Selanjutnya kualifikasi tenaga pendidik di lembaga pendidikan keagamaan Islam belum semua memenuhi standar nasional yang ditetapkan. Yang terakhir distribusi guru per provinsi belum merata," kata Kang Ace, sapaan akrab Wakil Ketua Komisi VIII DPR itu.

Kang Ace menyatakam, mulai 2025 sampai 2035, Indonesia sedang mengalami bonus demografi. Tantangannya, Indonesia harus meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). "Kalau kita mau maju, kita harus memanfaatkan bonus demografi ini. Ini tantangan kita,” ujar Kang Ace.

Meski masih menghadapi banyak tantangan, Kang Ace mengapresiasi capaian madrasah yang saat ini mampu bersaing dengan sekolah-sekolah di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: