Nasib Masjid Al-Jabbar Kertajati Majalengka, Kini Memprihatinkan

Inin nastain · Selasa, 06 Desember 2022 - 17:58:00 WIB
Nasib Masjid Al-Jabbar Kertajati Majalengka, Kini Memprihatinkan
Kondisi Masjid Al-Jabbar Kertajati Majalengka seperti tak terurus seusai diresmikan Gubernur Jawa Barat Mochammad Ridwan Kamil 22 Juli 2020, lalu. Foto: (iNews.id/Inin Nastain)

MAJALENGKA, iNews.id - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan latar belakang seorang arsitek, telah banyak membuahkan desain bangunan yang elegan. Salah satu kepiawaian gubernur yang akrab disapa Kang Emil ini adalah desain masjid.

Di Bandung, ada Masjid Raya Al-Jabbar, di kawasan Cimencrang, Gedebage, Kota Bandung. Masjid tersebut, digadang-gadang akan menjadi masjid terindah di Tanah Air.

Keberadaan Masjid Al-Jabbar tidak hanya di kota besar saja. Masjid dengan menggunakan nama Al-Jabbar juga ada di daerah, salah satunya di Kabupaten Majalengka.

Terletak di Jalan Raya Kadipaten-Jatibarang, tepatnya di Desa Babakan, Kecamatan Kertajati, berdiri Masjid Al-Jabar, yang dengan gaya arsitektur yang indah. Di bagian depan, terdapat prasasti bertuliskan 'Masjid Al-Jabbar Kertajati Diresmikan Oleh Gubernur Jawa Barat Mochammad Ridwan Kamil 22 Juli 2020.'

Di bagian depan, masjid tersebut memiliki tempat parkir yang luas. Di sebelah kiri, terdapat nama Masjid Al-Jabbar dengan warna kuning. Pemandangan dari luar, cukup menghadirkan kesan akan keindahan bangunan itu.

Namun sayang, di beberapa bagian, kesan keindahan itu memudar. Pada bagian tempat wudu, tepatnya di bagian muka, yang biasa digunakan untuk cuci tangan, kondisi kurang terawat cukup jelas terlihat. Cermin di sana, terlihat cukup kusam, yang membuat aktivitas bercermin tidak nyaman.

Kondisi serupa juga terlihat pada bagian toilet. Kendati keran air dan toilet berfungsi baik, tetapi ruangan tersebut terlihat tidak terawat. Ada beberapa puntung rokok tergeletak di toilet laki-laki itu.

Pemandangan serupa juga terlihat di bagian dalam masjid. Di salah satu titik, terlihat tumpukan mukena, tanpa ada lemari sebagai tempat penyimpanan.

Editor : Asep Supiandi

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: