Mengharukan, Pasutri Tunanetra di Tasikmalaya Ajarkan Mengaji Alquran Huruf Braille

Asep Juhariyono ยท Senin, 31 Mei 2021 - 21:42:00 WIB
Mengharukan, Pasutri Tunanetra di Tasikmalaya Ajarkan Mengaji Alquran Huruf Braille
Mamat Rahmat (kaus berkerah kotak-kotak) mengajarkan mengaji Alquran huruf Braille kepada para penyandang tunanetra. (Foto: iNews/Asep Juhariyono)

Berdasarkan data Dinas Sosial (Dinsos) Kota Tasikmalaya, jumlah penyandang tunanetra di kota ini sekitar 484 orang. Namun dari jumlah tersebut, baru sekitar 100 orang terhimpun dalam Yayasan Al Hikmah Tasikmalaya yang beralamat di Gang Cintarasa, Kelurahan Kahuripan, Kecamatan Tawang, Kota Tasikmalaya.

Yayasan Al Hikmah didirikan olah pasangan suami istri tunanetra, Mamat Rahmat dan Safrida sejak 2010 silam. Saat ini, Yayasan Al Hikmah yang fokus terhadap pemberdayaan penyandang tunanetra ini memiliki sekitar 100 anggota dari Kota Tasikmalaya dan sekitarnya.

Setiap minggu mereka berkumpul di yayasan yang juga merupakan rumah Mamat Rahmat untuk belajar mengaji dengan membaca Alquran huruf Braille. Dengan dibimbing oleh Rahmat dan istri Safrida, para penyandang tunanetra mengeja ayat-ayat suci Alquran huruf timbul tersebut.
 
Sebelum pengajian dimulai, mereka bisanya terlebih dahulu berbincang terkait permasalahan dan informasi seputar tunanetra. Setelah itu, Mamat Rahmat mulai melatih dan membimbing para tunanetra membaca Alquran huruf braille.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: