Lurah di Majalengka Sulap Daun Pisang Jadi Sirup Segar, Kok Bisa?

Inin nastain ยท Jumat, 29 Oktober 2021 - 16:42:00 WIB
Lurah di Majalengka Sulap Daun Pisang Jadi Sirup Segar, Kok Bisa?
Produk inovasi ala Lurah Sutisna di Majalengka, daun pisang disulap jadi sirup menyegarkan. (Foto: Istimewa)

MAJALENGKA, iNews.id - Di tengah Pandemi Covid 19 dan di saat aktivitas dibatasi, bagi sebagian kalangan menjadi momen untuk membuat sejumlah inovasi. Terobosan seperti itu yang dilakukan Lurah Cicenang, Sutisna di Majalengka.

Orang nomor satu di kelurahan yang berada di Kecamatan Cigasong, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat itu mampu menjadikan daun pisang secara tidak biasa. Jika biasanya daun pisang hanya untuk bahan pembungkus makanan, tidak demikian jika sudah diolah Sutisna.

Ya, melalui tangannya, daun pisang bisa menjelma menjadi bahan minuman yang menyegarkan berupa Sirup. Sirup DaPis, demikian nama Sirup yang menggunakan bahan baku daun pisang itu. DaPis akronim dari Daun Pisang.

"Ya daun pisang pada umumnya yang bisa kita lihat. Yang usianya sedang lah, tidak muda, tapi juga tidak tua," kata Sutisna saat berbincang dengan para wartawan di kantornya, Jumat (29/10/2021).

Disinggung jenis pisang yang daunnya digunakan untuk bikin Sirup, dia menjelaskan saat ini baru jenis tertentu saja. Jenis psang kepok, adalah daun pisan yang digunakan untuk sirup hasil inovasinya itu.

"Baru nyoba dari jenis itu aja sih. Kalau yang lainnya mah belum," ujar dia.

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2 3

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: