Longsor Terjang Rumah hingga Rusak, 18 Warga Lembang KBB Ngungsi ke Tetangga

Adi Haryanto ยท Rabu, 20 Oktober 2021 - 16:03:00 WIB
Longsor Terjang Rumah hingga Rusak, 18 Warga Lembang KBB Ngungsi ke Tetangga
Material tanah dari tebing yang longsor dan merusak rumah warga di Kampung/Desa Cikole, Kecamatan Lembang, KBB, yang membuat penghuni mengungsi, Rabu (20/10/2021). (Foto: Dok.BPBD)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Belasan warga di Kampung Cikole RT 05/06, Desa Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) terpaksa mengungsi ke tempat aman. Mereka mengungsi setelah dua rumah rusak tertimpa longsor dari tebing di sekitar perkampungan

Tebing setinggi 10 meter dengan kemiringan 80 derajat itu juga mengancam dua rumah warga lainnya di tidak jauh dari lokasi tersebut. 

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB, rumah warga yang rusak adalah milik Wati (60) terdiri dari 5 jiwa, Iis (37) ada 4 jiwa. Sementara yang terancam rumah milik Undang (64) terdiri 6 jiwa, dan Agus Muhidin (60) ada 3 jiwa. Demi keamanan mereka untuk sementara waktu mengungsi ke tempat aman. 

"Longsor itu terjadi pada Selasa (19/10/2021) petang saat hujan deras terjadi. Untuk rumah yang rusak tertimpa tanah di bagian depannya, tidak semua bangunan rumah. Tapi karena membahayakan para penghuninya diungsikan sementara," kata Kepala Pelaksana BPBD KBB Duddy Prabowo, Rabu (20/10/2021).

Duddy menerangkan, curah hujan pada saat itu sangat deras sehingga membuat tebing di kawasan yang dekat permukiman itu mengalami longsor. Pihaknya telah datang ke lokasi dan melakukan assesmen termasuk membersihkan material longsoran dibantu oleh warga dan aparat setempat. 

Pihaknya meminta ke warga yang rumahnya rusak dan terancam untuk mengungsi sementara ke rumah kerabatnya yang aman. Hal ini dikhawatirkan terjadi longsor susulan mengingat hujan selalu turun tiap hari dengan intensitas yang tinggi. Sebagai antisipasi, pihaknya membuat penahan sementara dari karung yang berisi tanah. 

"Sebanyak 500 karung untuk diisi tanah sudah dikirimkan ke lokasi termasuk bantuan logistik bagi 18 jiwa yang mengungsi sementara," sebutnya. 

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: