Tangkal Covid-19 Varian Baru, Dinkes Bandung Perketat Pengecekan WGS

Arif Budianto ยท Rabu, 20 Oktober 2021 - 13:06:00 WIB
Tangkal Covid-19 Varian Baru, Dinkes Bandung Perketat Pengecekan WGS
Dinkes Kota Bandung perketat pengecekan Whole Genome Sequence untuk menangkal penyebaran Covid-19 varian baru. (Foto: Ilustrasi)

BANDUNG, iNews.id - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung terus memperketat masuknya varian Covid-19 baru. Langkah ini dilakukan mengantipasi terjadinya ledakan kasus seperti halnya varian delta yang terjadi beberapa waktu lalu.

Menurut Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinkes Kota Bandung, Rosye Arosdiani pihaknya melakukan pemeriksaan Whole Genome Sequence (WGS), untuk melacak apakah ada varian baru yang masuk.

Pengecekan dilakukan kepada WNI maupun WNA yang baru tiba dari luar negeri. Nantinya pada saat mereka tiba di bandara, petugas dari KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan) akan melakukan testing ulang kemudian dikarantina selama 5-7 hari.

"Setelah karantina mereka harus PCR lagi. Kalau dia positif, samplenya dilakukan WGS untuk mencari ada varian baru. Karena kita khawatir ketika ada orang luar datang kesini," tuturnya.

Kendati begitu, hingga saat ini pihaknya belum menemukan adanya varian baru selain delta. Sejauh ini, kasus Covid-19 di Bandung masih varian delta. Di mana ada sekitar 98 orang yang terpapar. 

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: