Libas 10 Pecatur Dewasa, Siswi SMP di Purwakarta Ini Wakili Jabar di Kejurnas Catur

Asep Supiandi ยท Selasa, 05 Oktober 2021 - 10:32:00 WIB
Libas 10 Pecatur Dewasa, Siswi SMP di Purwakarta Ini Wakili Jabar di Kejurnas Catur
Natasya Mulya Dewanti, siswi SMPN 1 Kecamatan Maniis Purwakarta sedang diuji kemampuan caturnya oleh pecatur dewasa. (Foto: Diskominfo Purwakarta)

PURWAKARTA, iNews.id - Seorang siswi SMP di Kabupaten Purwakarta memiliki kemampuan mumpuni dalam permainan catur. Kemampuan tersebut dibuktikan dengan mengalahkan 10 pecatur dewasa dalam waktu singkat. 

Dalam sesi unjuk kebolehan, atlet yang pernah mewakili Indonesia dalam kejuaraan internasional catur di Malaysia pada 2019 lalu itu talentanya diuji oleh 10 orang dewasa, termasuk oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta, Purwanto.

Melawan 10 orang dewasa bukan hambatan bagi Natasya Mulya Dewanti, siswi SMPN 1 Kecamatan Maniis ini. Bahkan dia mampu mengalahkan Kadisdik Purwakarta dalam waktu satu menit sepuluh detik. 

Natasya yang akrab disapa Caca mengaku awalnya sama sekali tidak tertarik dengan permainan olahraga catur. Akan tetapi ketika kelas 2 SD, oleh gurunya diikutsertakan dalam lomba catur tingkat kecamatan. 

"Dulu emang gak suka catur, waktu itu disuruh guru untuk ikutan catur dan malah menang," kata Caca, dalam sebuah kesempatan.

Menginjak kelas 5 SD, Caca berhasil menjadi juara lomba tingkat pelajar se-Jawa Barat, termasuk menjadi juara 4 pada Porda Jabar 2018. Sederet prestasi tingkat nasional pun sudah ditorehkan olehnya. Pelajar yang memiliki cita-cita sebagai petani ini pun mengaku saat ini dilatih oleh salah satu pecatur grandmaster Indonesia, berbekal aplikasi skype Caca rajin berlatih.

Di bagian lain, Kadisdik Purwakarta, Purwanto mengatakan, pihaknya memberikan support termasuk memfasilitasi Caca dalam berbagai event turnamen. 

"Kita support bahkan sudah berdiskusi dengan Percasi Purwakarta kita lakukan pembinaannya karena kita kan fasilitator saja," ujar dia.

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: