Kronologi 23 Wisatawan 6 Jam Terjebak Eceng Gondok di Tengah Waduk Jatiluhur

Irwan ยท Senin, 18 Oktober 2021 - 08:35:00 WIB
Kronologi 23 Wisatawan 6 Jam Terjebak Eceng Gondok di Tengah Waduk Jatiluhur
Sebanyak 23 wisatawan yang terjebak eceng gondok di tengah Waduk Jatiluhur berhasil dievakuasi ke daratan. (Foto: iNews/IRWAN)

PURWAKARTA, iNews.id - Sebanyak 23 wisata dari komunitas memancing Jabodetabek, terjebak eceng gondok di tengah Waduk Ir H Juanda atau Waduk Jatiluhur, Minggu (17/10/2021) malam. Mereka terombang-ambing gelombang waduk selama enam jam di tengah suasana gelap gulita.

Kronologi kejadian berawal saat rombongan wisatawan yang merupakan anggota komunitas hobi memancing, 20 dewasa dan tiga anak-anak, tiba di Waduk Jatiluhur pada Minggu (17/10/2021) siang.

Para pemancing dari Jakarkta, Bogor, Tangerang, dan Subang itu, menyewa dua perahu jukung milik nelayan setempat untuk mengantar ke tengah waduk untuk memancing. Setelah beberapa jam memancing, mereka berniat kembali ke daratan sekitar pukul 16.00 WIB.

Saat menyusuri air danau, tiba-tiba, rumpun eceng gondok menutup jalur pulang. Perahu yang mereka tumpangi tak bisa bergerak, baik maju maupun mundur. Nelayan yang membawa mereka ke tengah danau telah berusaha membuka jalur dengan memotong eceng gondok, tetapi tak berhasil.

Akhirnya, mereka pasrah menunggu bantuan dari tim search and rescue (SAR) tiba. Sementara perbekalan makanan minim. "Berbagai upaya sudah dilakukan hingga berusaha berenang membuka jalur yang tertutup eceng gondok namun tidak berhasil. Kami akhirnya pasrah dan hanya bisa menunggu tim evakuasi datang," ujar Heri.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: