Kisah Abah Adim Kehilangan 2 Hektare Hutan Bambu Garapan Dibabat Orang Tak Dikenal

Agus Warsudi · Kamis, 12 Agustus 2021 - 08:51:00 WIB
Kisah Abah Adim Kehilangan 2 Hektare Hutan Bambu Garapan Dibabat Orang Tak Dikenal
Abah Adim bersama Dedi Mulyadi melihat lahan hutan bambu garapannya habis ditebang orang tak dikenal. (Foto: istimewa)

PURWAKARTA, iNews.id - Abah Adim, warga di Desa Kutamanah, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta, terkejut bukan kepalang saat tahu hutan bambu seluas 2 hektare garapannya telah habis dibabat orang tak dikenal. Aksi pembabatan terjadi saat Abah Adim terbaring sakit selama 1,5 bulan. 

Yang lebih mengejutkan lagi, lahan seluas dua hektare tersebut bakal ditanami pisang. Terbayang dalam benak Abah Adim betapa bahayanya jika lereng gunung ditanami pisang.

Tanah akan semakin rapuh dan tidak ada tanaman yang dapat memperkuat struktur tanah. Bencana tanah longsor dan bebatuan sewaktu-waktu bakal terjadi. Peristiwa mengerikan tergambar di benak Abah Adim.

Pria lanjut usia sekitar 70 tahun ini merupakan pemilik izin garapan di lahan Perhutani seluas 10 hektare. Di lahan itu, Abah Adim mengelola hutan bambu

“Abah waktu itu sakit 1,5 bulan enggak keluar rumah. Tiba-tiba dikasih tahu bambu habis ditebang. Itu tidak ada yang izin atau bilang dulu ke Abah buat tebangnya,” kata Abah Adim saat berbincang dengan Wakil Ketua Komisi IV DPR Dedi Mulyadi di lahan garapannya, Rabu (11/8/2021).

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: