Keren, Pelajar SMAN 1 Ngamprah KBB Jabar Ciptakan Aplikasi Antidepresi

Agung Bakti Sarasa ยท Jumat, 11 Desember 2020 - 15:00:00 WIB
Keren, Pelajar SMAN 1 Ngamprah KBB Jabar Ciptakan Aplikasi Antidepresi
Siwa SMA Negeri 1 Ngamprah KBB menciptakan Plong, aplikasi antidepresi untuk mengurangi dampak risiko gangguan mental. (Foto/Istimewa)

BANDUNG, iNews.id - Farhan Mandito Wirarachman dan Ananda Safira Choirunissa, pelajar SMA Negeri 1 Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, sukses menciptakan aplikasi antidepresi yang dinamai Plong. Aplikasi yang diciptakan terinspirasi oleh teman pengidap gangguan mental itu diklaim dapat membantu mengurangi risiko depresi.

Selain itu, karya pelajar SMAN 1 Ngamprah KBB ini juga membuktian pandemi Covid-19 tak menghalangi siswa di Jabar untuk terus berinovasi.

Kesuksesan tersebut bahkan mengantarkan Farhan dan Ananda meraih medali perak dalam Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) Tahun 2020 di bidang game dan aplikasi.

Ananda mengatakan, aplikasi Plong hadir setelah mengetahui satu teman sekolah mengidap gangguan mental hingga sulit berkomunikasi. Hal itu mendorong dirinya dan Farhan untuk berinovasi dalam bidang teknologi dengan menghadirkan aplikasi Plong.

Editor : Agus Warsudi