ITB Dinobatkan Kemenristek/BRIN Jadi Perguruan Tinggi Paling Inovatif 2020 di Indonesia

Agus Warsudi ยท Rabu, 11 November 2020 - 15:47:00 WIB
ITB Dinobatkan Kemenristek/BRIN Jadi Perguruan Tinggi Paling Inovatif 2020 di Indonesia
Menristek/Kepala BRIN Prof Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro kepada Ketua LPIK ITB Dr Ir Sigit P Santosa MSME IPU di Gedung BJ Habibie. Foto/Humas ITB

Ketua LPIK ITB Dr Ir Sigit P Santosa MSME IPU mengatakan, ITB secara berturut-turut dalam dua tahun terakhir, 2019 dan 2020, berhasil menyandang sebagai perguruan tinggi peringkat 1 dalam membangun dan melaksanakan ekosistem inovasi di lingkungan perguruan tinggi di Indonesia.

Dalam anugerah inovasi ini, perguruan tinggi dinilai dari beberapa aspek ekosistem inovasi, yang meliputi kinerja riset inovasi, kekuatan manajemen inovasi, kerja sama industri, pengembangan entrepreneur, dan kolaborasi riset inovasi.

"Anugerah Perguruan Tinggi Inovatif 2020 tersebut merupakan penghargaan dari pemerintah atas kerja keras perguruan tinggi di Indonesia dalam membangun budaya inovasi. Untuk itu, ITB memberikan apresiasi yang tinggi kepada pemerintah, khususnya Kementerian Ristek/BRIN," kata Dr Sigit.

Dr Sigit mengemukakan, anugerah tersebut juga menandakan bahwa kerja keras membangun ekosistem inovasi di ITB sejak 2015 telah membuahkan kinerja yang sangat produktif dan membanggakan melalui pembangunan empat klaster priorias inovasi.

Antara lain, dalam bidang transportasi dan infrastrutktur, energi dan lingkungan, pangan dan kesehatan, dan teknologi informasi dan komunikasi.

“Ke depan, dengan ekosistem inovasi ITB yang semakin baik, diharapkan para inovator ITB semakin melebarkan jaringan kolaborasi dengan industri dan institusi domestik dan internasional sehingga produk inovasi Indonesia dapat menjadi tuan rumah di negara sendiri,” ujar Kepala LPIK ITB.

Editor : Agus Warsudi

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: