Benarkah Ada Kehidupan Lain di Luar Angkasa? Ini Penjelasan Pakar Astronomi ITB

Agus Warsudi ยท Rabu, 04 November 2020 - 10:27:00 WIB
Benarkah Ada Kehidupan Lain di Luar Angkasa? Ini Penjelasan Pakar Astronomi ITB
Sosok alien digambarkan sebagai makhluk hidup yang menghuni planet lain. Foto/Istimewa

BANDUNG, iNews.id - Sejak lama manusia meyakini bahkan berimajinasi ada kehidupan lain di luar angkasa. Imajinasi tentang alien dan unidentified flying object (UFO) pun laris manis ditonton orang.

Namun apakah benar ada kehidupan lain di luar angkasa, di luar tata surya kita? Seberapa besar kemungkinannya? Dalam bentuk apakah kehidupan lain itu? Apakah kehidupan lain itu lebih cerdas dan sempurna dari manusia atau sebaliknya terbelakang? Bagaimanakah sosok mereka, lucu atau menyeramkan?

Ratusan pertanyaan tentang misteri dan bentuk kehidupan lain di luar angkasa selain di Bumi, tentu menggelitik rasa ingin tahu kita. Namun apakah kehidupan lain yang dimaksud para astronom sama seperti di film-film?

Berikut penjelasan pakar astronomi Dr Hakim L Malasan, dosen dan staf Kelompok Keilmuan (KK) Astronomi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Institut Teknologi Bandung (ITB).

Dr Hakim L Malasan mengatakan, pertama yang harus diluruskan adalah, masyarakat selalu mengkonotasikan kehidupan di planet lain selain Bumi itu, identik dengan alien dan unidentified flying object (UFO).

"Sebenarnya, tidak berkait dengan dua objek itu (UFO dan alien). Para astronom, umumnya tidak percaya dengan keberadaan alien dan UFO karena belum terbukti eksistensinya secara ilmiah. Manusia belum pernah bertemu dengan alien atau UFO," kata Kepala Observatorium Astronomi Institut Teknologi Sumatera (Itera) Lampung ini.

Namun, ujar Hakim, riset tentang keberadaan kehidupan lain di Tata Surya, terutama planet lain di Galaksi Bima Sakti, terus dilakukan secara ilmiah.

Sebab, secara ilmiah, para ilmuwan astronimi percaya ada "kemungkinan" kehidupan lain di luar angkasa. Namun bukan didasarkan atas bahwa manusia pernah bertemu atau tidak dengan makhluk hidup di planet lain itu.

Kehidupan di luar angkasa, bisa berbentuk organisme, bakteri, hewan bersel tunggal, dan lain-lain. Kehidupan yang dimaksud dimungkinkan hidup di planet lain serupa Bumi yang memiliki air, oksigen, dan atmosfer di luar angkasa. Jadi, ada materi-materi organik dan kimia yang mendukung kehidupan organisme tersebut.

Editor : Agus Warsudi

Bagikan Artikel: