Kelompok Pakar Desak DPRD Karawang Tegur Bupati soal Banyak Kepala OPD Rangkap Jabatan

Nilakusuma ยท Rabu, 22 Juni 2022 - 09:32:00 WIB
Kelompok Pakar Desak DPRD Karawang Tegur Bupati soal Banyak Kepala OPD Rangkap Jabatan
Bupati Cellica Nurrachadiana ditegur karena membuat kebijakan plt di Pemkab Karawang. (Foto: iNews.id/Nilakusuma)

KARAWANG, iNews.id - Kelompok Pakar (Pokar) DPRD Karawang mendesak legislator menegur Bupati Cellica Nurrachadiana soal banyak kepala organisasi perangkat daerah (OPD) yang rangkap jabatan. Banyak pejabat dengan status pelaksana tugas (plt) instansi lain dinilai mengganggu kinerja pemerintahan.

"Setelah kami mendiskusikan dengan anggota kelompok pakar, kami memandang perlu memberi saran kepada DPRD agar mempertanyakan kebijakan plt di Pemkab Karawang. Jumlahnya cukup banyak mencapai belasan yang rangkap jabatan. Ini bisa mengganggu roda pemerintahan," kata Ketua Pokar DPRD Karawang Soni Hersona, Rabu (22/6/2022).

Menurut Soni, Kelompok Pakar menyarankan DPRD Karawang mendorong pemerintah segera mengisi jabatan kosong sehingga tidak perlu ada plt atau rangkap jabatan. Apalagi jabatan plt ada yang sampai satu tahun. Padahal aturan menyebutkan hanya tiga bulan atau diperpanjang sekali lagi selama tiga bulan.

"Kalau sudah lebih dari enam bulan menjabat plt, patut dipertanyakan. Ada Undang-Undang 30 Tahun 2014, kemudian diturunkan menjadi PP 48 Tahun 2016 dan ada juga surat edaran BKN nomor 1 Tajun 2021 soal itu," ujar Soni.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: