Kejahatan Siber selama Pandemi Marak, Pemberantasan Terkendala Payung Hukum

Agus Warsudi ยท Rabu, 15 September 2021 - 12:34:00 WIB
Kejahatan Siber selama Pandemi Marak, Pemberantasan Terkendala Payung Hukum
Kejahatan siber semakin marak selama pandemi Covid-19. Namun upaya pemberantasan jenis kejahatan ini masih terkendala payung hukum. (Foto: Istimewa)

Namun, upaya perlindungan masih terkendala karena belum ada titik kesepakatan antara DPR dengan pemerintah untuk mengesahkan RUU PDP. "(RUU) PDP masih deadlock karena ada beberapa poin yang belum disepakati oleh pemerintah dengan Komisi 1 DPR," ujarnya.

M Farhan menuturkan, dalam tata tertib pasal pembahasan telah menghabiskan tiga masa persidangan dan dua tambahan masa persidangan. "Kami mengajukan agar pimpinan DPR dan Badan Musyawarah 9 Fraksi di DPR memberikan kembali kesempatan bagi Komisi 1 DPR untuk menuntaskan RUU PDP," tutur Farhan.

Legislator dari daerah pemilihan (dapil) Bandung 1 (Kota Bandung dan Cimahi) ini mengatakan, pembahasan RUU PDP yang alot berada pada masalah belum ada kejelasan terkait statuta pemegang otoritas penuh penindakan. 

"Deadlock-nya adalah status otoritas perlindungan pada apakah independen di bawah Presiden, internal Kemenkominfo, atau hybrid (bawah Presiden yang pejabatanya ditunjuk oleh Menkominfo)," ucap politikus yang kondang mengawali karier sebagai presenter ini.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2 3