Kasus Istri di Karawang Dituntut 1 Tahun, Kajati Jabar: Jaksa Harus Pakai Hati Nurani

Agus Warsudi ยท Rabu, 17 November 2021 - 09:21:00 WIB
Kasus Istri di Karawang Dituntut 1 Tahun, Kajati Jabar: Jaksa Harus Pakai Hati Nurani
Pangkat jaksa. (Foto: ILUSTRASI)

BANDUNG, iNews.id - Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Jabar Asep N Mulyana meminta semua jaksa di jajarannya menggunakan hati nurani dalam menangani suatu kasus. Imbauan ini disampaikan Kajati Jabar berkaca kepada penanganan perkara Valencya alias Nengcy Lim, istri di Kabupaten Karawang yang dituntut 1 tahun penjara gegara mengomeli suaminya yang pulang dalam keadaan mabuk. 

Diketahui sembilan jaksa dari Kejari Karawang dan Kejati Jabar diperiksa Kejaksaan Agung (Kejagung) lantaran dianggap tak memiliki sense of crisis atau kepekaan, melanggar pedomanan penuntutan perkara, dan menunda empat kali sidang pembacaan tuntutan.

"Pak Kajati (Asep N Mulyana) mengharapkan seluruh penanganan perkara sesuai SOP dan pedoman yang digariskan," kata Kasipenkum Kejati Jabar Dodi Gazali Emil, Rabu (17/11/2021). 

Dodi Gazali Emil menyatakan, sejak kasus ini mencuat, Kajati Jabar sudah meminta Asisten Bidang Pengawasan (Aswas) Kejati Jabar melakukan penelusuran terhadap penanganan perkara tersebut. Kajati juga meminta berkaca dari kasus kasus ini, para jaksa di Jabar ke depan lebih menggunakan hati nurani dalam menangani suatu kasus. 

Editor : Agus Warsudi

Bagikan Artikel: