Kejati Jabar Dukung Kejagung Eksaminasi Khusus Perkara KDRT Istri di Karawang

Agus Warsudi · Selasa, 16 November 2021 - 11:44:00 WIB
Kejati Jabar Dukung Kejagung Eksaminasi Khusus Perkara KDRT Istri di Karawang
Kasipenkum Kejati Jabar Dodi Gazali Emil (tengah). (Foto: Dokumentasi)

BANDUNG, iNews.id - Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Barat mendukung eksaminasi khusus dan pemeriksaan Kejaksaan Agung (Kejagung) terkait perkara istri di Karawang yang dituntut 1 tahun penjara lantaran diduga melakukan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Dalam perkara ini, Kejati Jabar tidak akan mengambil langkah yang tak terkoordinasi dengan Kejagung.

Diketahui, berdasarkan hasil eksaminasi, Kejagung menilai tim jaksa penuntut umum (JPU) Kejari Karawang dan Seksi Pidana Umum Kejati Jabar tak memiliki sense of crisis. 

Selain itu, ditemukan dugaan pelanggaran dalam penanganan perkara dengan terdakwa Valencya alias Negsy Lim itu. Jaksa tidak memedomani arahan Kejagung yang tercantum dalam Pedoman Nomor 3 tahun 2019 tentang Tuntutan Pidana Perkara Tindak Pidana Umum, sebagaimana ketentuan pada bab II angka 1 butir 6 dan 7. 

Akibatnya, tim JPU Kejari Karawang dan Asisten Pidana Umum (Aspidum) Kejati Jabar dinonaktifkan dari jabatannya. Saat ini, Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum Kejagung tengah memeriksa tim JPU Kejari Karawang dan Aspidum Kejati Jabar.

"Sementara perkara itu diambil alih oleh Kejaksaan Agung. Proses yang dilakukan dalan penanganan perkara itu dilakukan eksaminasi khusus oleh Kejagung. Hasilnya seperti yang sudah ada di rilis itu," kata Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasipenkum) Kejati Jabar Dodi Gazali Emil kepada wartawan, Selasa (16/11/2021). 

Editor : Agus Warsudi

Bagikan Artikel: