Kampung Mati Tarikolot Majalengka Ternyata Tidak Sehoror yang Diceritakan

Inin nastain · Rabu, 10 Februari 2021 - 19:47:00 WIB
Kampung Mati Tarikolot Majalengka Ternyata Tidak Sehoror yang Diceritakan
Suasana Kampung Tarikolot, Desa Sidamukti, Kecamatan/Kabupaten Majalengka, jauh dari kesan desa mati. Aktivitas warga perkampungan itu masih berlangsung. (Foto/MPI/Inin Nastain)

MAJALENGKA, iNews.id- Cuaca basah mengiringi langkah reporter MNC Portal Indonesia (MPI) saat menyambangi Kampung Tarikolot, Desa Sidamukti, Kecamatan/Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Sengaja mengunjungi perkampungan itu, ingin membuktikan apakah memang benar disebut kampung mati sebagaimana viral belakangan ini.

Menuju lokasi perkampungan ternyata perlu ekstra hati-hati, apalagi dengan mengendarai sepeda motor. Jalan coran lumayan licin setelah diguyur hujan. Terlebih banyak terdapat belokan dan jalan menurun. Sangat berbahaya jika tidak berhati-hati.

Begitu sampai di pinggir perkampungan, kesan kampung mati sepintas sirna saat di tengah perjalanan berpapasan dengan beberapa pengendara motor. Senyum sebagai sapaan warga desa kerap ditemua setiap kali bertemu dengan warga di kampung itu.

Musala, bangunan pertama yang terlihat begitu masuk perkampungan itu. Fisik bangunannya jauh dari kesan kampung mati. Bersih, demikian kesan yang melekat begitu melihat tempat ibadah tersebut.

Namun, kesan kampung mati kembali lagi terbesit begitu penampakan rumah yang ada di sebelahnya. Sebuah bangunan dengan warna cat oranye terlihat miring dan sedikit lapuk. Kesan bangunan itu adalah rumah 'gedong' masih cukup jelas.

Saat menelusuri jalan setapak, terlihat beberapa kondisi rumah yang sudah usang. Namun, tidak sedikit juga rumah-rumah tampak terawat. Jemuran terbuat dari tambang dengan pakaian tergantung juga terlihat di beberapa rumah yang dilewati. Sebuah pemandangan yang bisa diartikan bahwa rumah itu masih diurus pemiliknya.

Di tengah perjalanan, terlihat beberapa orang asyik bersantai, sambil mengobrol. Pandangan mereka cukup bersahabat saat kami datang menghampiri.

"Mau liat-liat desa mati yang lagi viral ya A?" tanya salah seorang ibu, yang kemudian diketahui bernama Wanci, menyapa cukup ramah.

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2 3