Kades di Indramayu Curhat ke Luhut Binsar Pandjaitan, Begini Keluhannya

Andrian Supendi ยท Rabu, 30 Maret 2022 - 18:57:00 WIB
Kades di Indramayu Curhat ke Luhut Binsar Pandjaitan, Begini Keluhannya
Kades Wirakanan, Nurkat Hadikusumo, menyampaikan aspirasi para petani di Kabupaten Indramayu soal soal rendahnya harga gabah. (Foto: iNews.id/Andrian Supendi)

INDRAMAYU, iNews.id - Kepala Desa Wirakanan, Kecamatan Kandanghaur, Nurkat Hadikusumo, menyampaikan aspirasi para petani di Kabupaten Indramayu, mengeluh soal rendahnya harga gabah pada masa panen raya sekarang ini. Keluhan tersebut disampaikan langsung kepada Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.

Keluhan itu juga disampaikan saat sesi tanya jawab dalam acara Silahturahmi Nasional Desa oleh Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) di Istora Senayan, Jakarta pada Selasa (29/3/2022), kemarin.

Padahal, kata Nurkat Hadikusumo, Kabupaten Indramayu merupakan daerah yang menyandang predikat sebagai lumbung padi nasional, namun petaninya banyak yang mengeluh.

"Petani banyak yang mengeluh segala mahal, tetapi harga gabahnya anjlok, padahal ini belum puncak (panen raya), tapi harga gabah sudah sangat rendah menurut saya, sehingga perlu kami perjuangkan," kata dia, Rabu (30/3/2022).

Nurkat menyampaikan, harga gabah saat ini bervariatif. Bahkan, untuk padi varietas kebo harganya sangat anjlok, yakni mencapai Rp3.500 hingga Rp3.800 per kilogram. 

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: