Kades Ciririp Makmurkan Masjid dengan KJA Beromzet Puluhan Juta Rupiah

Asep Supiandi · Minggu, 12 September 2021 - 15:52:00 WIB
Kades Ciririp Makmurkan Masjid dengan KJA Beromzet Puluhan Juta Rupiah
Wakil Komisi IV DPR Dedi Mulyadi (kanan) saat melihat langsung kondisi rumah Kades Ciririp, H Mahdum (kiri) yang memiliki rumah bak istana. (Foto: Istimewa)

PURWAKARTA, iNews.id - Masih ingat kepala desa (kades) yang memiliki rumah bak istana di Purwakarta? Ya, dialah Kades Ciririp, Kecamatan Sukasari H Mahdum. Selain menjadi sultan di daerah terpencil, dia pun mampu menyulap masjid kampung dengan kas puluhan juta rupiah melalui usaha keramba jaring apung (KJA).

Usahanya yang dirintis selama belasan tahun lalu menjadi perjalanan cukup panjang hingga sesukses sekarang. Rumah megah seperti istana, mobil mewah yang dia punya tentu tidak didapat sim salabim. Jatuh bangun usaha budi daya ikan air tawar di perairan Waduk Jatiluhur ini kerap dihadapinya. Namun dia tidak pantang menyerah untuk terus mengembangkan usahanya.

"Pesatnya sih enam tahun lalu, dan usaha ini saya rintis jauh sebelum menjadi kades," ujar H Mahdum.

Setelah belasan tahun merintis usaha, H Mahdum, baru mengalami perkembangan pesat sejak enam tahun lalu. Salutnya lagi, kesuksesan yang didapat ternyata berimbas pula pada perekonomian warga sekitar. Banyak warga sekitar dia berdayakan dalam usaha yang digelutinya itu.

Tidak lupa, masjid kampung pun dibenahi agar lebih mandiri serta memberikan kenyamanan bagi para jemaahnya. Mungkin bisa dihitung jari, DKM yang memiliki usaha sendiri untuk membiayai operasional masjid, salah satunya di Desa Ciririp ini. 

DKM masjid di kampung tersebut memiliki usaha keramba jaring apung (KJA) di Waduk Jatiluhur, dengan sekali panen dapat menghasilkan antara Rp25 juta-hingga Rp70 juta. Dengan pengelolaan yang baik, hasil panen itu digunakan untuk renovasi hingga membiayai semua kebutuhan operasional tanpa bergantung ke orang lain. 

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: