Debit Sungai Turun Drastis, Krisis Air Bersih Ancam Kota Bandung

Billy Maulana Finkran ยท Minggu, 12 September 2021 - 11:42:00 WIB
Debit Sungai Turun Drastis, Krisis Air Bersih Ancam Kota Bandung
Pasokan air baku ke Perumda Tirtawening Kota Bandung mengalami penurunan drastis akibat musim kemarau. (Foto: iNewsTv/Billy Maulana Finkran)

BANDUNG, iNews.id - Sejumlah wilayah di Kota Bandung terancam krisis air bersih menyusul musim kemarau panjang yang terjadi dalam beberapa waktu terakhir. Akibat musim kemarau tersebut, beberapa sungai sebagai penyuplai air baku mengalami penurunan debit hingga 50 persen.

Cadangan air dari sungai di wilayah Bandung utara, seperti Sungai Cikapundung dan Cipanjalu, kini kondisinya cukup mengkhawatirkan. Sementara dua sungai tersebut menjadi pemasok air andalan bagi Perumda Tirtawening untuk kemudian diolah dan disalurkan kepada pelanggan.

Bagi Perumda Tirtawening, saat ini persediaan air bersih hanya cukup untuk pemenuhan kebutuhan pelanggan hingga satu bulan ke depan. Ancaman krisis air bersih pun semakin membayangi jika hujan tidak juga turun.

"Perumda Tirtawening hanya mampu mengolah air baku setengah dari kapasitas yang sebelumnya 20 liter per detik sekarang menjadi 10 liter per detik," kata Direktur Perumda Tirtawening, Sony Salimi, Minggu (12/9/2021)

Sementara itu, pasokan air di wilayah selatan, yakni situ Cileuncang dan Citu cipanunjang, Kabupaten Bandung juga mengalami penyusutan hingga 50 persen.

Sony berharap, bulan Sepetember ini akan terjadi hujan sehingga debit air dari beberapa penyuplai air baku bisa kembali bertambah serta sungai di Kota Bandung pun kembali mengalir.

Editor : Asep Supiandi

Bagikan Artikel: