Kades Cikole Nonaktif dan Eks Kades Cibogo KBB Tersangka Korupsi Tanah Desa Rp50 Miliar

Agung Bakti Sarasa ยท Kamis, 28 Oktober 2021 - 17:06:00 WIB
Kades Cikole Nonaktif dan Eks Kades Cibogo KBB Tersangka Korupsi Tanah Desa Rp50 Miliar
Dua tersangka, Jajang Ruhiyat dan Maman Suryaman, mengenakan kaus tahanan setelah ditetapkan tersangka dalam kasus korupsi tanah kas desa. (Foto: Humas Polda Jabar)

BANDUNG, iNews.id - Jajang Ruhiyat, Kepala Desa (Kades) Cikole nonaktif dan eks Kepala Desa Cibogo Maman Suryaman ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi tanah. Keduanya diduga menyalahgunakan wewenang dan memindahtangankan tanah kas desa, tepatnya Lapang Persil 57 seluas 8 hektare di Desa Cikole dan Cibogo, Kecamatan Lembang, Kabupaten bandung Barat (KBB).

Direktur Ditreskrimsus Polda Jabar Kombes Pol Arif Rachman mengatakan, pengungkapan kasus ini berawal dari laporan yang diterima polisi tentang dugaan tindak pidana korupsi pada April 2021 lalu. Kemudian, polisi melakukan rangkaian penyelidikan dengan meminta keterangan dari sejumlah saksi dan mencari barang bukti.

"Kami mengamankan dua orang (Jajang Ruhiyat dan Maman Suryaman) yang diduga melakukan tindak pidana korupsi. Kemudian kami gelar perkara. Hasilnya, kedua orang itu kami tetapkan tersangka dan kami tahan," kata Dirketur Ditreskrimsus Polda Jabar didampingi Kasubdit III Ditreskrimsus Polda Jabar AKBP Maruly Pardede di Mapolda Jabar, Kamis (28/10/2021).

Kedua pelaku, Jajang Rugiyat dan Maman Suryaman, ujar Kombes Pol Arif Rachman, menghapus aset tanah desa dengan menerbitkan surat keputusan kepala desa dan mengalihkannya tanpa izin atau persetujuan dari pemerintah daerah setempat. 

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: