Jumlah Pengungsi Longsor di Cibeber Cianjur Bertambah 300 Orang

Antara · Sabtu, 05 Juni 2021 - 22:20:00 WIB
Jumlah Pengungsi Longsor di Cibeber Cianjur Bertambah 300 Orang
Pengungsi bencana longsor di Kampung Babakan Cingkeuk, Desa Cibokor, Cibeber, bertambah. (Foto: Antara)

CIANJUR, iNews.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur, Jawa Barat, mencatat jumlah pengungsi korban longsor di Kecamatan Cibeber, bertambah hingga 300 jiwa. Mereka ditampung di dua tempat pondok pesantren Desa Cibokor.

"Jumlahnya bertambah dari 220 menjadi 300 jiwa, ketika sore menjelang karena sejak dua hari terakhir, hujan kembali turun deras dari sore hingga malam. Sehingga warga yang bertahan di rumahnya dievakuasi, untuk antisipasi," kata Sekretaris BPBD Cianjur Irfan Sofyan, Sabtu (5/6/2021).

Irfan mengemukakan, puluhan warga yang awalnya bertahan di rumahnya masing-masing karena hanya terancam, merupakan warga di dua kampung di Desa Cibokor, akhirnya memilih dievakuasi menjelang malam karena sejak dua hari terakhir, hujan kembali turun deras dari sore hingga malam. "Saat siang menjelang mereka memilih kembali untuk membersihkan rumah dari lumpur," ujar Irfan.

Hingga saat ini, penanganan tebing yang dapat kembali longsor belum maksimal, sehingga relawan disiagakan di dua desa, untuk melakukan pengawasan dan segera mengevakuasi warga yang rumahnya terancam, namun masih ditempati, ketika hujan kembali turun menjelang sore.

Editor : Agus Warsudi