Kampung Babakan Cingkeuk Cianjur Diterjang Longsor, Sejumlah Rumah Tertimbun

Asep Supiandi · Jumat, 04 Juni 2021 - 10:23:00 WIB
Kampung Babakan Cingkeuk Cianjur Diterjang Longsor, Sejumlah Rumah Tertimbun
Lumpur tebal memenuhi pekarangan salah satu rumah akibat longsor yang menerjang Kampung Cingkeuk, Kecamatan Cibeber, Cianjur. (Foto: BPBD Cianjur) 

CIANJUR, iNews.id - Sejumlah rumah di Kampung Babakan Cingkeuk RT 04/01 Kedusunan Cibitung Muara, Desa Cibokor, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur, tertimbun longsor, Jumat (4/6/2021) dini hari. Belum diketahui ada korban jiwa atau tidak akibat peristiwa ini karena tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur masih melakukan penanganan di lokasi kejadian.

Selain rumah yang tertimbun, jalan utama menuju perkampungan pun terputus. Timbunan tanah yang tebal di sekitar lokasi longsor cukup menyulitkan tim BPBD Cianjur untuk menjangkau lokasi. 

Sekretaris BPBD Cianjur, Mochamad Irfan, mengatakan, hujan deras yang turun semalaman membuat tanah di sekitar Kampung Babakan Cingkeuk longsor dan menimbun sejumlah rumah di bawahnya. Pihaknya berharap, bencana alam ini tidak sampai menimbulkan korban jiwa. 

"Untuk warga sendiri sudah lebih dulu diungsikan sebelum longsor terjadi ke Majlis Taklim Kampung Cibitung Muara. Kebetulan di setiap desa di Cianjur ada Retana (Relawan Tanggap Bencana), jadi mereka sudah bisa membaca tanda-tanda alam  akan ada bencana. Begitu di Kampung Babakan Cingkeuk diguyur hujan deras, mereka langsung antisipasi dengan mengungsikan warga," kata Irfan melalui saluran telepon kepada MNC Portal Indonesia (MPI).

Untuk kerugian material, seperti jumlah rumah yang tertimbun longsoran dan jalur selain jalan utama yang putus belum diketahui. Timnya masih berusaha menjangkau lokasi kejadian. 

Menurutnya, BPBD Cianjur sudah mengirimkan 1 tim untuk melakukan penanggulangan di lokasi kejadian. Hanya saja, dalam penanggulangan harus terkendala akses jalan yang terputus dan buruknya jaringan seluler. 

Editor : Asep Supiandi