Gunung Cantayan Purwakarta Longsor, Akses Utama Cirata-Maniis Nyaris Putus

Asep Supiandi ยท Jumat, 04 Juni 2021 - 10:52:00 WIB
Gunung Cantayan Purwakarta Longsor, Akses Utama Cirata-Maniis Nyaris Putus
Material batu berserakan di Jalan Raya Maniis, Purwakarta, akibat tebing Gunung Cantayan longsor. (Foto: Istimewa)

PURWAKARTA, iNews.id - Jalur penghubung utama Bendungan Cirata dengan Kecamatan Maniis, Kabupaten Purwakarta, nyaris terputus, Jumat (4/6/2021). Kondisi itu terjadi akibat tebing longsor di Gunung Cantayan sekitar 1 kilometer dari Bendungan Cirata.

Beruntung material longsor berupa batu dan tanah hanya menutupi bahu jalan, sehingga jalur masih bisa dilalui mobil maupun sepeda motor. Hanya saja, dikhawatirkan terjadi longsor susulan yang bisa membahayakan pengguna jalan. Apalagi di sekitar lokasi merupakan daerah rawan longsor.

Kapolsek Maniis, AKP Suparlan, mengatakan, longosran ini skalanya kecil dan tidak menggangu lalu lintas dari Bendungan Cirata arah Maniis maupun sebaliknya. Namun, bagi pengendara dituntut waspada atau hati-hati begitu melintasi lokasi itu.

"Kejadiannya semalam sekitar pukul 21.00 WIB. Beruntung longsorannya kecil dan tidak menggangu lalu lintas," kata Suparlan kepada MNC Portal Indonesia, Jumat (4/6/2021).

Sementara itu, sesaat setelah terjadinya longsor, beberapa personel patroli PT PJB UP Cirata mendatangi lokasi dan mengamankan jalur di sekitar lokasi longsoran agar tidak membahayakan pengendara. 

Editor : Asep Supiandi

Bagikan Artikel: