Jalur Cipatat-Saguling KBB Masih Rawan Longsor Susulan, Kendaraan Melintas Dibatasi

Adi Haryanto · Rabu, 17 November 2021 - 19:34:00 WIB
Jalur Cipatat-Saguling KBB Masih Rawan Longsor Susulan, Kendaraan Melintas Dibatasi
Mobil yang melintas di Jalan Cipatat-Saguling, Kampung Cengkrong, Desa Rajamandala Kulon, Kecamatan Cipatat, KBB, masih dibatasi karena khawatir terjadi longsor susulan. (Foto: Istimewa)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Kendaraan yang melintas di Jalan Raya Cipatat-Saguling, Kampung Cengkrong, Desa Rajamandala Kulon, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB), masih dibatasi. Pembatasan diberlakukan pascalongsor yang menerjang di kawasan tersebut. 

Hal itu sebagai antisipasi mengingat setelah terjadi longsor pada Senin (15/11/2021), Jalur tersebut masih rawan pergerakan tanah serta pohon tumbang. Terlebih saat ini hujan masih terus turun di lokasi.

"Kendaraan yang melintas baik motor maupun mobil masih dibatasi. Setelah hujan lumpur kembali memenuhi badan jalan, dan khawatir terjadi longsor susulan," kata Supervisor Senior (SPS) Humas & Keamanan PT Indonesia Power UP Saguling, Budi Wahyudi, Rabu (17/11/2021).

Dia mengatakan, meski pembersihan material longsor telah tuntas, namun jalur menuju kecamatan Saguling, Rongga, dan Cipongkor itu, tetap dibatasi. Sebabnya di tiga titik tebing yang mengalami longsor masih terlihat pergerakan tanah dan rawan pohon tumbang. 

Pihaknya berupaya agar secepatnya jalur tersebut aman untuk dilewati kendaraan. Selain jalur utama bagi masyarakat, Jalan Cipatat-Saguling juga merupakan akses utama menuju PLTA Saguling yang dikelola oleh PT Indonesia Power. Kejadian ini cukup mengganggu aktivitas pekerja. 

"Sementara ini dilakukan penutupan untuk menghindari longsor susulan dan pohon tumbang. Sambil mencari jalan keluar agar akses jalan bisa kembali aman digunakan," kata dia.  

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: