Jabar Ekspor 20 Ton Kelapa Parut Kering, Ridwan Kamil: Inspirasi bagi Milenial

Agung Bakti Sarasa · Rabu, 09 Desember 2020 - 09:15:00 WIB
Jabar Ekspor 20 Ton Kelapa Parut Kering, Ridwan Kamil: Inspirasi bagi Milenial
Gubernur Jabar Ridwan Kamil melepas ekspor 20 ton kelapa parut kering ke Arab Saudi di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (8/12/2020). (Foto: iNews.id/Agung Bakti Sarasa)

BANDUNG, iNews.id - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melepas ekspor 20 ton kelapa parut kering (dessicated coconut) ke Arab Saudi di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Selasa (8/12/2020). Ekspor komoditas ini menjadi inspirasi bagi generasi milenial untuk menekuni pertanian karena menjanjikan masa depan lebih baik.

Ridwan Kamil mengatakan, hasil olahan kelapa yang biasa digunakan masyarakat Indonesia untuk serundeng itu ternyata diminati negara luar sebagai bahan baku produk olahan makanan ringan.

"Selamat kepada yang masih bisa ekspor, ini memberikan optimisme. Kebutuhan pasar sekarang mungkin baru seperlimanya," kata Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu.

"Saya minta beritakan ke anak milenial, apa yang masih dibutuhkan oleh pasar. Beritahu bahwa dengan menanam (menjadi petani), pendapatan bisa empat kali lipat dari UMR (upah minimum regional)," ujarnya.

Editor : Agus Warsudi