Ini Catatan Kepala Bank Indonesia Jawa Barat agar Ekonomi Jabar 2021 On The Track

Arif Budianto · Selasa, 23 November 2021 - 10:52:00 WIB
Ini Catatan Kepala Bank Indonesia Jawa Barat agar Ekonomi Jabar 2021 On The Track
Kepala Bank Indonesia Jawa Barat Herawanto. (FOTO: ARIF BUDIANTO)

BANDUNG, iNews.id - Pertumbuhan ekonomi Jawa Barat pada 2021 diperkirakan bisa on the track jika semua pihak dapat memaksimalkan momentum ekonomi yang saat ini terjadi. Bank Indonesia Jawa Barat memberikan beberapa catatan agar hal itu tercapai.

"Ekonomi Jabar bisa on the track, namun harus dengan beberapa catatan seperti soal investasi, fiskal, iklim ekonomi, dan lainnya. Termasuk soal upah pekerja," kata Kepala Bank Indonesia Jawa Barat Herawanto, Selasa (23/11/2021).

Data BPS, Perekonomian Jawa Barat pada triwulan III 2021 mencatatkan pertumbuhan positif sebesar 3,43 persen (yoy). Namun angka tersebut melambat dibandingkan triwulan II 2021 yang tumbuh sebesar 6,13 persen (yoy). 

Menurut Herawanto, pertumbuhan ekonomi Jawa Barat pada triwulan IV 2021 diproyeksikan kembali meningkat sejalan dengan pelonggaran PPKM dan meningkatnya permintaan global dan domestik menjelang Natal dan Tahun Baru. 

Namun, untuk mengoptimalkan momentum perbaikan ekonomi triwulan IV 2021, stimulus fiskal diharapkan dapat berperan lebih besar, baik melalui percepatan belanja modal, bantuan sosial, maupun penyaluran dana PEN untuk membantu kinerja sektor UMKM. 

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: