Imbas Kenaikan Harga BBM, Kadin Jabar: Banyak Perusahaan Hidup Segan Mati Tak Mau

Arif Budianto · Selasa, 27 September 2022 - 16:21:00 WIB
Imbas Kenaikan Harga BBM, Kadin Jabar: Banyak Perusahaan Hidup Segan Mati Tak Mau
Ketua Kadin Jabar Cucu Sutara menyebut kondisi mayoritas perusahaan di Jabar hidup segan mati tak mau akibat kenaikan harga BBM. (FOTO: ARIF BUDIANTO)

BANDUNG, iNews.id - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Barat menyebut, imbas kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), tidak sedikit perusahaan di Jawa Barat dalam kondisi hidup segan mati tak mau. Karena itu, pemerintah diminta memberikan solusi untuk membantu para pengusaha terdampak. 

"Sekarang ini kondisi pengusaha susah, ada yang bisa bertahan, ada yang hidup segan mati tak mau, dan sudah tutup," kata Ketua Kadin Jabar Cucu Sutara pada peringatan HUT ke-54 Kadin di Graha Kadin Jabar, Jalan Sukabumi, Kota Bandung, Selasa (27/9/2022). 

Cuca Sutara menyatakan, saat ini mayoritas atau sekitar 50 persen kondisi perusahaan di Jabar hidup segan mati tak mau. Sedangkan yang masih bisa bertahan sekitar 30 persen. Beberapa memilih tutup akibat kondisi ekonomi dan tekanan kenaikan BBM.

Kondisi berat yang dialami pengusahaan itu, ujar Cucu Sutara, tidak lepas dari kenaikan BBM beberapa waktu lalu. Pengusaha telah melakukan penyesuaian harga jual produk setelah BBM naik. Kenaikannya variatif hingga 15 persen. Namun kenaikan tersebut juga mempengaruhi daya beli masyarakat. 

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: