IKA Unpad Dukung Produksi Massal Si CePAD, Apa Kelebihan Alat Diteksi Covid Ini?

Agung Bakti Sarasa ยท Sabtu, 09 Januari 2021 - 11:15:00 WIB
IKA Unpad Dukung Produksi Massal Si CePAD, Apa Kelebihan Alat Diteksi Covid Ini?
Si CePAD, alat deteksi Covid-19 dengan sample swab yang lebih cepat. (Foto: Unpad.ac.id)

BANDUNG, iNews.id - Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Padjadjaran (Unpad) mendukung produksi massal Alat Deteksi Cepat Buatan Unpad (Si CePAD). Alat ini merupakan inovasi Unpad dalam mencegah penyebaran Covid-19.

"Sebagai alumni, tentu kami bangga dengan inovasi almamater dalam membantu negara mengatasi Covid-19. Si CePAD adalah alat deteksi antigen produksi Unpad. Dengan inovasi ini semakin menguatkan peran Unpad sebagai lembaga pendidikan yang terus berupaya memberikan kontribusi nyata dalam mengatasi pandemi," kata Ketua IKA Unpad Irawati Hermawan dalam keterangan resmi, Sabtu (9/1/2021).

Menurut Ira, Si CePAD berbeda dengan alat deteksi cepat konvensional yang mendeteksi molekul antibodi. Si CePAD mendeteksi molekul antigen, sehingga lebih cepat mengidentifikasikan keberadaan virus pada tubuh tanpa harus menunggu pembentukan antibodi. 

Si CePAD diproduksi oleh mitra industri Tim Peneliti Diagnostik Covid-19 Unpad, yaitu PT Pakar Biomedika Indonesia. Alat ini menurutnya sudah mendapatkan rekomendasi dari World Health Organization (WHO) dan Perhimpunan Patologi Klinis Indonesia serta telah diizinkan untuk beredar oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sejak 4 November 2020.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2