HIV/AIDS di KBB Jadi Fenomena Gunung Es, Tahun Ini Ada 46 Kasus Positif

Adi Haryanto · Kamis, 01 September 2022 - 12:53:00 WIB
HIV/AIDS di KBB Jadi Fenomena Gunung Es, Tahun Ini Ada 46 Kasus Positif
Enam wabah penyakit paling mematikan sepanjang sejarah umat manusia, salah satunya HIV/Aids. (Foto: Reuters)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Kasus HIV/AIDS di Kabupaten Bandung Barat (KBB) diduga jadi fenomena gunung es, sebab data tercatat tidak mencerminkan angka kasus sesungguhnya. Tahun ini, terdapat 46 kasus positif HIV/AIDS.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, Dinas Kesehatan, KBB, Nurul Rasihan mengakui jika data yang tercatat di pihaknya mungkin belum menggambarkan kondisi sesungguhnya. Walaupun saat ini angkanya terus mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. 

"Sebenarnya kasusnya terus meningkat dari tahun ke tahun, tapi mungkin ada yang tidak dilaporokan. Kalau kasus HIV/AIDS di KBB dari Januari sampai Juni 2022 ada sebanyak 46 orang," sebutnya, Kamis (1/9/2022).

Secara kumulatif, sejak tahun 2011 sampai sekarang total ada 550 penderita HIV/AIDS di KBB. Jumlah itu mungkin sekarang bisa bertambah seiring dengan aktivitas masyarakat yang kembali normal. Sehingga pihaknya terus memantau kelompok berisiko yang berpotensi tertular.

Kelompok itu seperti yang berperilaku sering bergonta-ganti pasangan dan bertukar jarum suntik, seperti wanita pekerja seks (WPS), waria, lelaki seks dengan lelaki (LSL), ibu hamil dan menyusui, serta pengguna napza suntik (penasun). 

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: