Jabar Terapkan Skema ABCDE untuk Tekan Penularan HIV-AIDS, Ini Penjelasannya

Agung Bakti Sarasa ยท Kamis, 01 September 2022 - 07:26:00 WIB
Jabar Terapkan Skema ABCDE untuk Tekan Penularan HIV-AIDS, Ini Penjelasannya
Ilustrasi kasus HIV-AIDS. (Foto: ISTIMEWA)

BANDUNG, iNews.id - Kasus penularan human immunodeficiency virus-acquired immunodeficiency syndrome (HIV-AIDS) di Provinsi Jawa Barat jadi sorotan dan mengkhawatirkan. Pemprov Jabar berupaya mencegah penyebaran penyakit ini dengan skema ABCDE. 

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jabar Nina Susana Dewi mengatakan, selama ini, Pemprov Jabar menerapkan skema ABCDE dalam penanggulangan sekaligus pencegahan HIV-AIDS.

Skema ini adalah singkatan dari A untuk abstinent atau tidak melakukan hubungan seksual sebelum menikah, B untuk be faithful atau setia, C untuk condom use atau menggunakan kondom, D untuk no drug atau tidak menggunakan narkoba, dan E untuk education atau pendidikan.

"Pencegahan HIV dengan skema ABCDE ini sesuai Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 21 Tahun 2013 tentang Penanggulangan HIV dan AIDS," kata Kadinkes Jabar, Rabu (31/8/2022). 

Nina Susana Dewi menyatakan, dalam Pasal 14 ayat 1 Permenkes Nomor 21 Tahun 2013 disebutkan, abstinensia berarti tidak melakukan hubungan seksual sebelum menikah. Kemudian be faithful berarti setia dengan pasangan. Jika kedua unsur ini tidak bisa dicegah, katanya, harus ke tahap use condom atau menggunakan kondom secara konsisten.

Editor : Agus Warsudi

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: