Helaran Budaya Cianjur 2022, Jatayu Ingatkan Pemerintah Lindungi Satwa Endemik Elang Jawa

Agus Warsudi ยท Sabtu, 20 Agustus 2022 - 15:16:00 WIB
Helaran Budaya Cianjur 2022, Jatayu Ingatkan Pemerintah Lindungi Satwa Endemik Elang Jawa
Penari dan koreografer Wina Rezky Agustina tampil memukau membawakan sosok Jatayu di Helaran Budaya Cianjur 2022. (FOTO: ISTIMEWA)

CIANJUR, iNews.id - Puluhan ribu warga Kabupaten Cianjur Jawa Barat, Sabtu (20/8/2022) tumpah ruah memenuhi jalan utama yang menjadi jalur Helaran Budaya Cianjur 2022, Sabtu (20/8/2022). Salah satu penampilan yang menjadi pusat perhatian adalah sosok Jatayu yang dibawakan seniman tari dan koreografer Wina Rezky Agustina.

Sosok Jatayu, tokoh pewayangan itu diidentikkan dengan Elang Jawa, satwa endemik hutan-hutan di Pulau Jawa yang saat ini terancam punah. Kemunculan Jatayu dalam helaran tersebut upaya seniman mengingatkan pemerintah untuk melindungi Elang Jawa atau Garuda dari kepunahan.

Bupati Cianjur Herman Suherman mengatakan, Helaran Budaya Cianjur 2022 merupakan pawai yang melibatkan seluruh elemen masyarakat. Tahun ini helaran pertama kali digelar pascapandemi Covid-19.

Selain HUT ke-77 Kemerdekaan RI, kata Bupati Cianjur, helaran ini juga digelar untuk memeriahkan HUT Kabupaten Cianjur. “Alhamdulillah kita bisa kembali menyelenggarakan kegiatan helaran yang dinantikan seluruh warga Cianjur. Ini menjadi bukti kalau Covid-19 di Cianjur sudah aman dan terkendali,” kata Bupati Cianjur.

Sementara itu, Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Cianjur Yusup Gigan memberikan apresiasi penampilan tokoh Jatayu dalam Helaran Budaya Cianjur tahun ini. “Penampilan Jatayu berhasil membawa ingatan kita kepada nilai-nilai yang menjadi kekayaan khasanah kebudayaan,” kata Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Cianjur.

Editor : Agus Warsudi

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: