Hari Pertama PPKM, Puluhan Warga KBB Tak Patuh Prokes Kena Semprot Petugas

Adi Haryanto ยท Selasa, 12 Januari 2021 - 09:45:00 WIB
Hari Pertama PPKM, Puluhan Warga KBB Tak Patuh Prokes Kena Semprot Petugas
Petugas Polsek Lembang menegur warga tak pakai masker pada hari pertama pelaksanaan PPKM di KBB, Senin (11/1/2021). (Foto: Istimewa)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Puluhan warga di Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, kena semprot alias ditegur petugas karena kedapatan tak mematuhi protokol kesehatan (prokes). Mereka terjaring operasi yustisi Covid-19 pada hari pertama penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Sebagian besar warga yang ditegur tersebut, tidak mengenakan masker ketika beraktivitas di luar rumah. 

"Di hari pertama pelaksanaan PPKM, ternyata masih ada warga yang tidak mengenakan masker sesuai protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Mereka diberi pemahaman dan bagi yang tidak bawa masker, kami kasih masker," kata Kanit Sabhara Polsek Lembang AKP Benidiktus, Senin (11/1/2021).

Dia mengemukakan, operasi yustisi Covid-19 ini sekaligus sebagai sarana sosialisasi ke masyarakat. Sebab banyak dari mereka yang belum mengetahui jika mulai hari ini dilaksanakan PPKM. Ini sesuai instruksi Presiden RI Nomor 6 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebagai Upaya Pengendalian Covid-19.

Menurutnya, dari hasil operasi yang dilakukan sebanyak sembilan orang terjaring tidak menggunakan masker. Mereka kemudian langsung didata dan dicatat identitasnya. Ada juga sebanyak 19 warga yang tetap ditegur meski membawa masker, karena mereka tidak menggunakannya secara benar.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2