Daftar Tunggu 5 Juta, Kang Ace: Kemenag Harus Matangkan Persiapan Musim Haji 2023

Agus Warsudi ยท Sabtu, 12 November 2022 - 15:20:00 WIB
Daftar Tunggu 5 Juta, Kang Ace: Kemenag Harus Matangkan Persiapan Musim Haji 2023
Wakil Ketua Komisi VIII DPR Tubagus Ace Hasan Syadzily mendorong Kemenag mematangkan persiapan penyelenggaraan saat musim haji 2023. (FOTO: ISTIMEWA)

BANDUNG, iNews.id - Daftar tunggu jemaah haji reguler di Indonesia hingga kini telah mencapai 5.073.767 orang. Karena itu, Kementerian Agama (Kemenag) sebagai penyelenggara ibadah haji harus mematangkan persiapan pada musim haji 2023.

“Saat pandemi Covid-19, ibadah haji terbatas hanya untuk warga atau WNA yang berada di Arab Saudi. Hal itu berakibat daftar tunggu atau waiting list jemaah haji di Indonesia menumpuk,” kata Wakil Ketua Komisi VIII DPR Tubagus Ace Hasan Syadzily, Sabtu (12/11/2022).

Kang Ace, sapaan akrab Tubagus Ace Hasan Syadzily menjadi narasumber Jagong Masalah Umrah dan Haji (Jamarah) Provinsi Jawa Barat Tahun 2022 Angkatan I di Mason Pine Hotel, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB). 

Selain Kang Ace, acara yang dihadiri puluhan kepala kantor urusan agama (KUA) se-Kabupaten Bandung Barat (KBB) itu juga menghadirkan narasumber Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Jabar Ajam Mustajam, Ketua MUI KBB KH Moh Ridwan, dan Kepala Kantor Kemenag KBB Asep Ismail.

“Alhamdulilah pada 2022 kegiatan ibadah haji dari luar negara Arab Saudi bisa dilaksanakan kembali dengan lancar. Bahkan saya, waktu haji kemarin, sempat berdiskusi dengan para jemaah haji dari KBB,” ujar Kang Ace.

Jumlah daftar tunggu jamaah haji lebih dari 5 jut itu, tutur Kang Ace, belum termasuk dari daftar waiting list jemaah haji khusus yang jumlahnya mencapai 97.701 orang. Padahal, semakin lama antrean jamaah, semakin banyak dana setoran jemaah yang dikelola Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH).

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2 3

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: