Cerita TKI Karawang Dikabarkan Hilang 12 Tahun, Identitas Sengaja Diganti agar Tak Terlacak

Nilakusuma · Senin, 06 Desember 2021 - 16:42:00 WIB
Cerita TKI Karawang Dikabarkan Hilang 12 Tahun, Identitas Sengaja Diganti agar Tak Terlacak
Adik Ipar Munirah, Yanto (bertopi) bersama aparat kelurahan dan dinas tenaga kerja membahas kepulangan Munirah. (iNews.id/Nilakusuma)

KARAWANG, iNews.id - Munirah(39) Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Karawang mengalami situasi yang mengerikan saat bekerja di Arab Saudi selama 12 tahun. Hal itu terungkap dari cerita adik iparnya yang membeberkan nasib tragis selama TKI tersebut bekerja di Timur Tengah.

Dalam cerita itu terungkap, majikan tempatnya bekerja ternyata dengan sengaja menghapus identitas Munirah hingga sulit dilacak keberadaannya oleh pihak keluarga. Nama Munirah yang sebenarnya adalah Siti Halimah binti Rasdi. Kemudian diganti oleh majikan menjadi Munirah Binti Jasim, termasuk identitas lainnya diganti.

Salah seorang adik ipar Munirah,  Yanto,  mengatakan, Munirah berangkat ke Arab Saudi 24 April 2009 lalu. Awalnya pihak keluarga masih bisa berkomunikasi dengan Munirah meski melalui majikannya. 

"Tahun 2009-2011 keluarga masih berkomukasi tapi kemudian tidak bisa dihubungi lagi sampai terakhir ditemukan," kata Yanto, Senin (6/12/2021)

Menurut Yanto, pihak keluarga selalu kesulitan saat menghubungi Munirah. Majikannya selalu beralasan jika Munirah sedang sibuk memasak atau mencuci dan tidak bisa diganggu. 

"Sama sekali keluarga tidak bisa komunikasi langsung dengan Munirah. Setelah itu nomer teleponnya sudah tidak bisa dihubungi lagi," ujarnya.

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: