BOR RS di Kota Bandung Semakin Menipis, Wakil Wali Kota Minta Warga Tak Panik

Arif Budianto · Jumat, 18 Juni 2021 - 09:41:00 WIB
BOR RS di Kota Bandung Semakin Menipis, Wakil Wali Kota Minta Warga Tak Panik
Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana saat meninjau sejumlah rumah sakit di Bandung. (Foto: Istimewa) 

BANDUNG, iNews.id - Pemkot Bandung meminta masyarakat tetap tenang dan tidak panik, menyikapi tingkat keterisian tempat tidur rumah sakit atau Bed Occupancy Rate (BOR) di Bandung yang terus menipis. Terakhir, angka BOR di Kota Bandung telah mencapai 90 persen.

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengaku telah menyambangi sejumlah rumah sakit di Kota Bandung guna berkoordinasi terkait BOR. Mengingat kondisi BOR di Kota Bandung sudah di angka 90 persen.

Meski dalam tingkat kewaspadaan tinggi, Yana mengingatkan, agar masyarakat tetap tenang dan tidak panik. Karena setiap hari, rumah sakit mengupayakan penambahan tempat tidur khusus penanganan Covid-19.

“Kami terus mendorong teman-teman rumah sakit di Kota Bandung menambah kapasitas tempat tidur. Harapannya, teman-teman rumah sakit bisa menambah. Mudah-mudahan itu juga tidak dipakai,” ucap Yana.

Sebelum menyambangi Rumah Sakit Advent, Yana lebih dulu datang ke RS Santo Borromeus. Koordinasi serupa terkait tempat tidur ini menjadi perhatian khusus.

Meskipun, ungkap Yana, dari sekitar 90 persen tingkat keterisian tempat tidur di Kota Bandung ini setengahnya dihuni oleh pasien yang berasal dari luar daerah. Namun, dia memastikan rumah sakit di Kota Bandung tetap berusaha memberikan pelayanan terbaik.

“Memang berdasarkan indikator BOR seperti kita ketahui sudah di atas 90 persen. Tapi kalau kita lihat 50 persennya itu bukan warga Kota Bandung. Tentunya atas dasar kemanusiaan tidak mungkin rumah sakit menolak pasien non Kota Bandung,” katanya.

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2