Antisipasi Bencana Banjir akibat La Nina, Waduk Jatiluhur Purwakarta Dikosongkan

Irwan ยท Jumat, 05 November 2021 - 12:28:00 WIB
Antisipasi Bencana Banjir akibat La Nina, Waduk Jatiluhur Purwakarta Dikosongkan
Perairan Waduk Jatiluhur, Purwakarta. (Foto: iNews/IRWAN)

PURWAKARTA, iNews.id - Memasuki musim penghujan Waduk Ir Haji Djuanda atau Jatilihur di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, dikosongkan, Jumat (5/11/2021). Pengosongan waduk ini sebagai antisipasi bencana hidrometeorologi, seperti banjir, yang dipicu oleh fenomena alam La Nina.

Perum Jasa Tirta (PJT) 2 pengelola Waduk Jatiluhur menyatakan, La Nina yang ditandai dengan curah hujan intensitas tinggi dikhawatirkan menyebabkan bencana banjir di hilir, yakni di Karawang, Bekasi, dan wilayah pantai utara (pantura).

Bencana banjir tersebut akibat pasokan air dari hulu Sungai Citarum diperkirakan besar dalam tiga bulan ke depan seiring tingginya intensitas hujan. Karena itu, jika tak dikosongkan, debit air yang besar itu tidak akan tertampung di Waduk Jatiluhur.

"Tingginya curah hujan yang terjadi beberapa hari terakhir, membuat pasokan air dari hulu Sungai Citarum ke Waduk Jatiluhur Purwakarta besar dari biasanya. Tinggi muka air (tma) Waduk Jatiluhur terus naik," kata Direktur Operasi dan Pemeliharaan PJT 2 Jatiluhur Anton Mardiyono, Jumat (5/11/2021).

Anton menyatakan, tingginya debit air diperkirakan akan terjadi hingga tiga bulan ke depan seiring intiensitas hujan yang tinggi. "Untuk mengantisipasi banjir di daerah hilir, yakni Karawang, Bekasi dan wilayah pantura, kami mengosongkan bendungan utama," ujarnya.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: