Aa Umbara Divonis 5 Tahun Penjara, Partai Koalisi Akur Berebut Kursi Wabup Bandung Barat

Adi Haryanto ยท Jumat, 05 November 2021 - 16:22:00 WIB
Aa Umbara Divonis 5 Tahun Penjara, Partai Koalisi Akur Berebut Kursi Wabup Bandung Barat
Aa Umbara dan putranya Andri Wibawa di Gedung KPK. Pascavonis dijatuhkan majelis hakim, partai pengusung mulai mengincar kursi Wabup Bandung Barat. (Foto: ANTARA)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Partai koalisi pengusung pasangan Akur, yakni Partai Demokrat, PKS, PAN, PKPI, dan NasDem, berebut kursi Wakil Bupati (wabup) Bandung Barat. Mereka menyiapkan kader terbaik untuk dicalonkan menjadi wabup yang ditinggalkan Hengki Kurniawan.

Geliat politik tersebut terjadi pascavonis hukuman 5 tahun penjara dijatuhkan majelis hakim Pengadilan Tipikor Bandung kepada Aa Umbara Sutisna. Mantan Bupati Bandung Barat dinilai bersalah dalam kasus korupsi pengadaan barang bantuan sosial (bansos) Covid-19 pada 2020.

Seperti DPD Partai NasDem Kabupaten Bandung Barat (KBB) mulai pasang kuda-kuda menyiapkan kader untuk mengisi posisi wakil bupati yang saat ini kosong itu. 

"Kami siapkan kader untuk mengisi kursi kosong wakil bupati yang ditinggalkan Hengki Kurniawan karena naik jadi plt (pelaksana) bupati," kata Ketua DPD Partai NasDem KBB Ade Sudrajat, Jumat (5/11/2021).

Ade menilai, sudah selayaknya kursi wakil bupati yang kosong menjadi jatah Partai NasDem. Pertimbangannya, karena Aa Umbara Sutisna yang terjerat persoalan hukum ketika maju pada Pilkada KBB 2018 lalu, diusung oleh Partai NasDem. "Gini. Istilahnya kan yang hilang kursi NasDem. Menurut anggapan kami sudah sewajarnya digantikan dari NasDem lagi," ujarnya. 

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: