51 Hari Pembunuhan di Subang, Yosef Percaya 100.000 Persen Polisi Bisa Ungkap Kasus

Yudy Heryawan Juanda · Sabtu, 09 Oktober 2021 - 14:04:00 WIB
51 Hari  Pembunuhan di Subang, Yosef Percaya 100.000 Persen Polisi Bisa Ungkap Kasus
Yosef Hidayah berdoa di makam Tuti dan Amelia. (Foto: iNews/YUDY HERYAWAN JUANDA)

SUBANG, iNews.id - Kasus pembunuhan ibu dan anak, Tuti Suhartini (55) dan Amelia Mustika Ratu (23) di Kampung Ciseuti, Desa/Kecamatan Jalancagak, Kabupaten Subang, telah 51 hari berlalu. Namun kasus ini masih diselimuti misteri.

Polisi sejak pembunuhan ini terjadi pada Rabu 18 Oktober 2021 telah melakukan penyelidikan intensif, belum juga berhasil mengungkapnya. Puluhan saksi diperiksa terkait pembunuhan sadis terhadap almarhumah Tuti dan Amelia yang jasadnya ditemukan di bagai mobil Alphard.

Bahkan, Yosef Hidayah, suami dan ayah dari korban Tuti dan Amelia, telah 13 kali menjalani pemeriksaan penyidik. Penyidik Direktorat Tindak Pidana Umum (Dit Tipidum) Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri juga melakukan tes kebohongan terhadap Yosef dan Mimin Mintarsih, istri kedua Yosef.

Selain itu, penyidik juga melakukan autopsi ulang terhadap jenazah almarhumah Tuti dan Amelia pada Sabtu (2/10/2021) di tempat permakaman umum (TPU) Istuning, Desa/Kecamatan Jalancagak, Subang.

Namun, hasil autopsi ulang tersebut belum bisa disampaikan ke publik. Hasil autopsi ulang itu hanya untuk kepentingan penyidik dalam upaya mengungkap pembunuhan sadis dan berencana ini.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Erdi Adrimulan Chaniago mengatakan, autopsi ulang dilakukan untuk memastikan bentuk luka dan dicocokan dengan jenis senjata yang digunakan pelaku pembunuhan.

Sementara itu, Yosef Hidayah, melakukan ziarah ke makam almarhumah Tuti dan Amelia pada Jumat (8/10/2021) sore. Selama memanjatkan doa di makam almarhumah, Yosef menangis. Matanya sembab dan suaranya bergetar saat berdoa.

Seusai ziara, Yosef mengatakan, optimistis pelaku pembunuhan sadis terhadap anak dan istrinya itu segera terungkap. Dia juga menyampaikan terima kasih kepada Polri yang begitu intensif melakukan penyelidikan dan memperhatikan kasus pembunuhan yang menimpa Tuti dan Amelia, dari awal kasus terjadi sampai hari ini. 

"Mudah-mudahan apa yang diharapkan oleh semua pihak berjalan lancar. Kami percaya kepada kepolisian, 100.000 persen saya percaya, mudah-mudahan ini cepat terungkap. Itu aja," kata Yosef.

Diberitakan sebelumnya, polisi sangat berhati-hati dalam melakukan penyelidikan. Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Erdi Adrimulan Chaniago mengatakan, belum bisa memastikan bukti baru yang diperoleh penyidik mengarah ke pelaku atau tidak. 

Namun penyidik tetap berupaya mencari tersangka dalam kasus pembunuhan keji yang terjadi di Kampung Ciseuti, Desa/Kecamatan Jalancagak, Subang pada Rabu 18 Agustus 2021 itu.

"Insya Allah (bukti dan petunjuk mengarah ke tersangka). Saya tidak bisa berandai-andai mengarah atau tidaknya. Tetapi kami (penyidik) akan upayakan mencari tersangkanya," kata Kabid Humas Polda Jabar kepada wartawan beberapa waktu lalu. 

Menurut Kombes Pol Erdi, pembunuhan terhadap Tuti dan Amelia merupakan kejahatan luar biasa. Kemungkinan besar terencana. Karena itu, penyidik kepolisian tetap mencoba fokus dalam rangkaian penyelidikan untuk menangkap tersangka.

Saat ini, ujar Kombes Pol Erdi, penyidik tengah melakukan pendalaman, terkait pembuktian, baik secara konvensional maupun menggunaka teknologi, mulai dari olah tempat kejadian perkara (TKP). Hasilnya, beberapa bukti baru mengarah kepada ditemukan beberapa hal-hal yang dicurigai baik melalui CCTV maupun yang lain.

Editor : Agus Warsudi

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: