39 Warga Positif Covid-19 Seusai Berziarah, Satu RW di KBB Terpaksa Lockdown

Adi Haryanto ยท Senin, 01 Maret 2021 - 17:15:00 WIB
39 Warga Positif Covid-19 Seusai Berziarah, Satu RW di KBB Terpaksa Lockdown
Petugas berjaga di pintu masuk ke Kampung Pangkalan RW 10 Desa Sariwangi, Kecamatan Parongpong, KBB, yang terpaksa di-lockdown akibat 39 warganya positif Covid-19. (Foto: MPI/Adi Haryanto)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Seusai berziarah, sebanyak 39 warga Kampung Pangkalan, RW 10 Desa Sariwangi, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat (KBB), positif Covid-19. Praktis, perkampungan itu harus lockdown dan akses keluar masuk permukiman ditutup.

Penutupan akses itu terpaksa dilakukan karena berdasarkan hasil swab test ada 39 warga di Kampung Pangkalan RW 10 yang terkonfirmasi positif Covid-19, sehingga harus menjalani isolasi mandiri. 

Akibat kondisi tersebut Kampung Pangkalan RW 10 menjadi wilayah pertama di KBB yang masuk zona merah di saat pelaksanaan PPKM mikro. Imbasnya kampung tersebut sementara di-lockdown baik yang akan pergi ataupun masuk harus didata secara ketat. 

Perangkat Desa Sariwangi, Aden Agustaryana mengatakan, banyaknya warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 di perkampungan tersebut, bermula dari adanya kegiatan ziarah ke Pamijahan, Tasikmalaya, pada 14-15 Februari 2021.

Pulang dari ziarah, sejumlah jamaah mengeluh batuk, mual dan demam. Kemudian mereka memeriksakan diri ke Puskesmas Ciwaruga, Parongpong. Ternyata dari hasil pemeriksaan mereka terindikasi terpapar Covid-19. 

Lalu ditindaklanjuti dengan melakukan swab test, yang hasilnya positif. Akhirnya semua jamaah pada kegiatan ziarah tersebut yang berjumlah 70 orang harus menjalani swab test, karena mereka ada kontak erat dengan yang dua orang positif. 

"Kegiatan ziarah itu rombongan dua bus, dengan total jumlah jamaahnya ada 70 orang. Akhirnya semuanya harus menjalani swab test," tuturnya. 

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2