37 ASN Kota Cirebon Jadi Penerima Bansos, Mensos Tri Rismaharini Geram

Hasan Hidayat ยท Rabu, 24 November 2021 - 10:04:00 WIB
37 ASN Kota Cirebon Jadi Penerima Bansos, Mensos Tri Rismaharini Geram
Sebanyak 31.624 aparatur sipil negara (ASN) terindikasi menerima bantuan sosial dari pemerintah. (Foto: Ilustrasi/ist)

CIREBON, iNews.id - Menteri Sosial Tri Rismaharini geram setelah memverifikasi data penerima bantuan sosial (Bansos) untuk masyarakat terdampak Covid-19. Di Kota Cirebon terdata sebanyak 37 ASN sebagai penerima bansos tersebut.

Data temuan tersebut saat ini sudah di-breakdown ke daerah dan Dinas Sosial Kota Cirebon pun sudah memegang data penerima bansos yang berstatus ASN.

Kepala Bidang Pemberdayaan Perlindungan dan Jaminan Sosial, Aria Dipahandi mengungkapkan, ditemukannya 31.624 data tersebut berawal saat Kemensos melakukan verifikasi data dengan menyandingkan data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) dengan data dari Badan Kepegawaian Negara (BKN).

“Kemensos minta data ke BKN, kemudian disandingkan, jadi ini jadi persoalan nasional, data ini juga turun dari seminggu yang lalu, dari BPK (badan Pemeriksa Keuangan)," kata Aria, Rabu (24/11/2021).

Di Kota Cirebon sendiri, lanjut Aria, dari data yang didapatkannya, tercatat ada 37 nama penerima bansos yang berstatus sebagai ASN di lingkungan Pemkot Cirebon.

Namun dari jumlah tersebut, kata Aria, dari sisi domisili tidak semuanya berada di Kota Cirebon, sehingga setelah disaring ulang, hanya 19 nama saja yang merupakan warga Kota Cirebon.

“Ada yang tinggalnya di luar kota, yang domisili kota cuma 19, jadi ASN yang bekerja di Kota, tapi bukan warga kota. Karena ini datanya menurut data di BKN, jadi berdasarkan satuan kerja,” kata Aria, Rabu (24/11/2021).

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: